BUSINESS TODAY
Dalam berbagai media, mulai gencar diberitakan bagaimana kegiatan yang sudah membudaya bagi masyarakat Indonesia mulai dijalankan dan pemerintah berusaha untuk memberikan pelayanan yang sangat optimal, mulai dari fasilitas fisik maupun fasilitas yang berhubungan dengan kebijakan yang relevan dan sangat dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan ini. lalu, apa nama kegiatan tersebut? Inilah yang selalu dilakukan setiap tahun yaitu mudik.
Tentu kegiatan ini bukan lagi menjadi kegiatan yang asing bagi rakyat Indonesia karena berhubungan dengan tradisi yang sudah dilakukan bertahun-tahun dimana terjadi perpindahan masyarakat dari kota tempat mereka merantau kembali ke tempat kelahiran. Jelas ini membutuhkan persiapan yang tidak sedikit yang dilakukan oleh pemeringah karena berhubungan dengan perpindahan jutaan masyarakat Indonesia dari satu kota ke kota kelahiran mereka.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu tidak bisa dilepaskan kegiatan ini karena pastinya berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan oleh entrepreneur dan juga karyawan mereka. Tidak bisa dilepaskan kegiatan ini dari kegiatan yang juga dilakukan oleh karyawan karena lebaran idul fitri adalah kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim yang notabene merupakan umat yang mayoritas di Indonesia. Lihat saja karyawan yang bekerja pada perusahaan entrepreneur, pasti melakukan kegiatan ini setiap tahun.
Lalu, apa yang perlu dilakukan oleh para entrepreneur menyikapi hal ini? sebagai seorang entrepeneur, sudah waktunya entrepreneur melakukan beberapa hal yang bersifat strategis karena berhubungan dengan karyawan dan kinerja mereka ketika kembali bekerja setelah lebaran nanti. Yang pertama adalah melakukan kegiatan edukasi tentang mudik, baik yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan maupun safety atau keselamatan bagi para karyawan yang mudik.
Edukasi tentang financial management menjadi salah satu isu penting karena lebaran kali ini bertepatan dengan awal bulan dimana pastinya seringkali karyawan jor-joran dalam penggunaan keuangan pribadi mereka dan dikhawatirkan ketika pulang ke kota asal tempat mereka bekerja, uang habis. Ini akan berdampak kepada kinerja mereka nantinya. Demikian juga dengan safety dimana banyak orang yang mudik dengan menggunakan sepeda motor yang pastinya beresiko.
Hal kedua yang perlu dilakukan oleh entrepreneur adalah mencarikan jalan untuk karyawan untuk mudik bersama, baik melalui pemerintah ataupun komunitas bisnis yang memiliki karyawan yang sama tempat mudiknya. Hal ini akan membantu entrepreneur dalam mengurangi resiko yang akan dihadapi oleh para karyawan. kedua hal ini perlu diperhatikan oleh para entrepreneur agar bisa menjadi kunci sukses mudik, sukses manajemen keuangan dan sukses keselamatan. Bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: