BUSINESS TODAY
Salah satu berita yang sangat gencar sekarang ini adalah bagaimana pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang nota bene menjadi kewajiban bagi setiap entrepreneur dan juga menjadi hak bagi setiap karyawan yang pastinya sudah memenuhi kewajiban mereka kepada perusahaan tempat mereka bekerja. Tentu hal ini bukanlah hal yang biasa bagi setiap entrepreneur karena berhubungan dengan peraturan pemerintah yang memang menuntut setiap entrepreneur untuk memenuhi kewajiban mereka.

Hanya saja, dari pemberitaan yang disampaikan kepada masyarakat, terlihat bagaimana tidak semua entrepreneur mampu melakukan pembayaran THR kepada karyawan mereka. Bisa dilihat di Subang, karyawan yang melakukan demonstrasi. Tentu hal ini diharapkan tidak perlu terjadi ketika menjelang hari raya Idul Fitri yang sangat dinantikan oleh setiap umat muslim yang bekerja atau berstatus karyawan untuk mendapatkan THR.

Sebagai seorang entrepreneur, sudah pasti ada pelajaran yang sangat berharga yang bisa dipetik dari kondisi ini. Seorang entrepreneur harus benar-benar mempersiapkan dana mereka untuk pembayaran THR kepada karyawan. Sumber nya dari mana? Tentu ini menjadi tanggungjawab setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan memperkerjakan orang lain di perusahaan mereka masing-masing. tidak dapat dipungkiri, akan timbul hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan.
Bisa dari pinjaman? Atau menjual asset pribadi untuk kepentingan pembayaran THR? Bisa jadi karena sekali lagi, ini adalah kewajiban kepada karyawan. hanya saja, perlu dikomunikasikan kepada karyawan tentang besaran yang harus dibayar oleh entrepreneur kepada mereka. Diskusi akan bisa membuat saling pemahaman atau mutual understanding bersama karyawan karena mereka juga bisa mengerti kondisi perusahaan. jangan ditutup komunikasi dengan karyawan karena akan berdampak kepada tersumbatnya pemahaman setiap karyawan.
Bagi entrepeneur yang gagal membayar THR kepada karyawan, akan berdampak kepada hubungan dengan karyawan setelah lebaran. Tentu mereka akan kecewa dengan entrepeneru dan pada akhirnya, sikap mereka dalam bekerja akan berubah dimana akan banyak yang akan tidak optimal bekerja di perusahaan. ingat, masa sekarang tidak mudah untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar loyal kepada perusahaan karena karyawan yang berkualitas akan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. tidak gampang mendapatkan karyawan baru yang mampu bekerja sesuai dengan bidang pekerjaan.
Oleh karena itu, kejadian dimana beberapa perusahaan yang gagal membayar THR kepada karyawan menjadi pelajaran dan jangan sampai terjadi pada diri entrepeneur. Bagaimana dengan anda? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: