Menjadi seorang entrepreneur itu adalah menjadi seseorang dengan mindset atau sikap mental wirausaha yang salah satunya adalah menjadi seorang pejuang bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan bangsanya ditengah perjuangan bangsa ini melepaskan diri dari kondisi rakyat berada di bawah garis kemiskinan serta berusaha melepaskan diri dari penjajahan ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara lain. Bentuk penjajajah yang disadari atau tidak memang hasil dari kontribusi lemahnya daya saing pelaku usaha di negara ini dan juga kebijakan dari pemerintah yang membuat masyarakat semakin "terjepit" dalam kondisi tidak ada alternative lagi.

Momentum hari kebangkitan nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei merupakan momentum yang sangat luar biasa bagi setiap orang yang memang berkomitmen untuk menjadi seorang entrepreneur sukses dalam konteks bisa membuat bisnis yang profitable, memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian alam dalam jangka panjang sampai dengan membangun bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Momentum hari kebangkitan nasional membawa semangat wirausaha untuk mengenang bagaimana perjuangan bangsa ini untuk merebut kemerdekaan dari penjajah dengan kekuatan bambu runcing serta bagaimana pengorbanan mereka untuk mendapatkan kemerdekaan dengan tidak memperdulikan bagaimana kondisi mereka sendiri. Inilah yang sejatinya menjadi dasar bagi setiap entrepreneur dalam membangun bisnis nya saat ini dan yang akan datang.
Konteks ini menjadi relevan ketika semangat perjuangan merebut kemerdekaan dibidang ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi dari bangsa asing saat ini. menjadi seorang entrepreneur dengan mindset atau sikap mental sebagai seorang pejuang yang bertanggungjawab untuk membawa bangsa ini merdeka. Oleh karena itu, seorang entrepreneur bukan lagi sebagai seseorang yang hanya fokus untuk membangun sebuah bisnis untuk kepentingan diri sendiri dan tidak berjangka panjang.
Hal yang perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur saat ini adalah bagaimana mereka meningkatkan mindset atau sikap mental mereka dalam berbisnis atau menjadi entrepreneur. hal ini bisa dilakukan dengan terus belajar, belajar dan belajar sembari berlatih memanfaatkan setiap pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen dalam berbisnis. Ketiga ilmu ini akan berkontribusi pada  peningkatan mindset seorang entrepreneur dalam berbisnis.
Hal lainnya  adalah bagaimana entrepreneur mampu meningkatkan kapabilitas atau kemampuan mereka dalam mengelola keuangan perusahaan, pemasaran perusahaan, proses bisnis perusahaan sampai dengan manajemen sumber daya manusia serta teknologi informasi yang tidak bisa dilepaskan dari konteks bagaimana mereka mencapai keunggulan bersaing dalam berbisnis untuk membangun kinerja bisnis yang sesuai dengan tujuan bisnis. kapabilitas organisasi ini menentukan bagaimana pencapaian kinerja bisnis setiap entrepreneur.
Hal lainnya adalah bagaimana setiap entrepreneur mempersiapkan diri untuk memanfaatkan setiap peluang yang ada dari lingkungan bisnis mereka. Yang tidak kalah penting dari konteks ini adalah setiap entrepreneur fokus memanfaatkan setiap modal sosial yang berasal dari akademisi, perusahaan dan perbankan, komunitas, pemerintah serta media yang memang concern untuk pengembangan entrepreneurship di negara ini.
Jangan sampai terjebak dengan konsep bahwa entrepeneur itu membutuhkan dana untuk bisnisnya dan oleh karena itu entrepreneur harus dikasihani oleh program pemerintah. Jangan sampai terjebak kesana. Yang paling penting adalah bagaimana entrepreneur itu fokus dalam memanfaatkan setiap modal sosial dari lingkungan bisnis yang memang berkepentingan untuk pengembangan entrepreneurship di Indonesia.
So, bagaimana dengan entrepreneur? sudah siap menjadi seorang pejuang bangsa dalam mengisi kemerdekaan dan merebut kemerdekaan pada aspek ekonomi? Sudah waktunya entrepreneur menunjukkan jati diri mereka sebagai seseorang yang memiliki mindset atau sikap mental seorang pejuang seperti yang diperlihatkan oleh para pejuang bangsa.
Meriza Hendri, founder STRABIZ Management Consulting, GIMB Foundation ,
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: