Melihat penampilannya pertama kali waktu shooting Pensiunpreneur, Siapa Takut? untuk program Bandung TV bersama STRABIZ Manajemen Bandung, sudah tergambarkan Erwin Yulizar sebagai seorang pebisnis di bidang konveksi yang benar-benar fokus mengembangkan bisnisnya dengan basis komunitas karena terlihat stiker komunitas SOG di kendaraan roda dua dan bahkan dimobilnya. Atribut-atribut yang dibuat di baju hasil karya beliau juga menggambarkan bagaimana beliau sangat menunjukkan ketertarikan kepada komunitas otomotif.

"Saya tidak bisa dilepaskan dari komunitas dalam membangun bisnis dan inilah yang menjadi salah satu pasar yang saya garap" katanya memulai diskusi di Program Pensiunpreneur, Siapa Takut.  Apalagi beliau memang menjadi pengurus untuk komunitas otomotif. "Saya memang sudah aktif sejak bekerja pada tahun 1996 di tempat kerja dulu, di perusahaan konveksi yang besar di Kota Bandung sampai sekarang saya membangun bisnis dengan nama Boom Clothing  pada awal tahun 2000 an" tambahnya.



Memang Erwin adalah seorang pensiunpreneur di bidang konveksi dan memiliki bisnis yang related atau berhubungan dengan pekerjaan sebelumnya ditempat kerja dulu. Tiga tahun beliau menjadi seorang karyawan dan menjalankan peran mulai dari produksi sampai dengan pemasaran dengan area Jakarta untuk meningkatkan pasar produk perusahaan dulu. Komunitas memang menjadi salah satu kegiatan beliau bersama owner perusahaan konveksi.

Salah satu motif yang mendasari Erwin keluar dari perusahaan lama pada tahun 1999 adalah ingin meningkatkan kualitas hidup keluarganya secara ekonomi dan dengan modal pinjaman dari saudaranya, beliau yakin bisa membangun bisnis yang sesuai dengan potensi diri yang didapatkan dari tempat kerja. Alhamdulillah, dengan motivasi yang kuat dan modal serta dukungan dari sang istri, Erwin mampu membangun bisnis sampai sekarang dan produk-produknya sudah tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ke negara-negara ASEAN yang memiliki jaringan komunitas otomotif.

Untuk sukses menjadi seorang pensiunpreneur, ada beberapa tips yang dimiliki oleh Erwin dalam membangun Boom Clothing. "Saya selalu yakin akan berhasil dengan bisnis ini sejak memulai Boom Clothing diawal tahun 2000 an" katanya. Memang keyakinan bisa membuat setiap orang sukses dan ini selalu dipegang oleh Erwin dalam membangun bisnis.

Beberapa hal lainnya yang terlihat dijalankan Erwin adalah fokus dan aktif di organisasi yang diikutinya, memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman ditempat kerja sehingga sikap professionalnya sangat terasa, tidak mengambil pasar yang pernah dikembangkan sewaktu menjadi karyawan, tetap berhubungan baik dengan owner tempat kerja dulu dan bahkan menjadikan beliau sebagai guru karena memberikan ijin menyelesaikan kuliah sembari bekerja. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana Erwin membangun kerjasama dengan perusahaan dulu dalam memproduksi produk yang bisa dikerjakan bersama.

Itulah seorang Erwin Yulizar, owner Boom Clothing yang beralamatkan di Antapani Bandung membangun bisnis untuk memperbaiki ekonomi keluarga dan berkembang memberikan manfaat bagi banyak orang. Masih takut menjadi seorang Pensiunpreneur? Ingat, now or never…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: