BUSINESS TODAY
Salah satu hal yang sangat mendasar bagi entrepreneur saat ini adalah bagaimana informasi yang berhubungan dengan bisnis itu dapat "berseliweran" yang ada di sekitar para pelaku bisnis. inilah yang harus dilihat oleh para entrepreneur sebagai pihak yang bertanggungjawab untuk membuat keputusan bisnis yang harus memperhatikan tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Informasi yang dimaksud dalam konteks ini adalah bagaimana informasi yang berhubungan dengan lingkungan bisnis internal maupun lingkungan bisnis eksternal yang pastinya akan berpengaruh bagi entrepeneur. Apalagi dalam konteks ini, media dan teknologi informasi yang sangat intens dalam bisnis dan membuat informasi semakin banyak.


Sebagai seorang entrepeneur, perlu mengambil pelajaran dalam hal ini dimana keputusan yang dibuat harus didukung oleh keputusan bisnis yang kuat dan efektif dan berdasarkan kepada informasi yang relevan dengan bisnis. oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur, pertama, harus memahami bagaimana informasi menjadi faktor yang utama untuk membuat keputusan bisnis. informasi yang lengka, valid dan reliable akan menentukan kualitas keputusan para entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Yang kedua adalah bagaimana entrepreneur itu bisa memahami teknologi informasi yang bisa mendapatkan informasi yang relevan dengan bisnis. teknologi informasi harus menjadi backbone dalam menjalankan bisnis dan membuat keputusan bisnis yang pastinya sangat dibutuhkan oleh para entrepreneur dalam membuat keputusan. Apalagi teknolgi informasi yang berhubungan dengan internet dan web serta email yang sangat berhubungan dengan bisnis dalam mendapatkan informasi. Bahkan dengan internet, setiap entrepreneur sudah mudah mendapatkan informasi dalam berbisnis.

Yang tidak kalah penting adalah bagaiama entrepeneur memiliki kerangka berfikir dalam membuat keputusan bisnis. Entrepreneur harus bisa memahami decision making dan problem solving sehingga keputusan yang dibuat benar-benar berdasarkan logis dan didukung oleh tahapan yang benar untuk membuat keputusan sehingga masalah yang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik. Banyak orang  yang salah dalam membuat keputusan karena tidak mengetahui cara membuat keputusan yang benar.

Barulah akhirnya, entrepreneur perlu menganalisis informasi yang relevan dengan permasalahan yang akan diselesaikan dan manfaat bagi para entrepreneur atas keputusan yang dibuat oleh entrepreneur tersebut. Hal ini sangat tergantung kepada critical thinking serta analytical thinking yang dimiliki oleh para entrepreneur. inilah yang harus dipahami oleh entrepreneur.. bagaimana dengan anda? Hmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: