BUSINESS TODAY
Ada yang menarik terjadi pada Piala Eropa tahun 2016 ini yaitu tim tangguh dan unggulan yaitu Tim Nasional Inggris kalah dari Islandia dengan skor 1-2. Berbagai ekspresi kekecewaan dari pendukung tim Inggris, apalagi berdekatan dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang membuat banyak sekali spekulasi yang disampaikan oleh berbagai pihak.

Memang tidak banyak yang menduga bahwa Inggris akan kalah melawan Islandia kalau melihat bagaimana kesiapan dan dukungan untuk kemenangan tim Inggris dimana pemain-pemain dari tim-tim sepak bola terbaik. Akan tetapi, inilah bola yang orang bilang bahwa bola itu bundar dan semuanya mungkin saja terjadi dan pasti menjadi sebuah karakter dari permainan sepak bola.


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang luar biasa dari kekalahan tim Inggris ini. hal yang mendasar adalah bagaimana sikap mental dari setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Sikap mental dalam menghadapi pesaing yang nota bene adalah pihak yang menawarkan produk yang sama kepada pasar  yang sama. Ini penting untuk dipahami oleh para entrepreneur karena akan berdampak kepada kelangsungan bisnis setiap entrepreneur.

Pemahaman tentang berfikir strategik adalah pelajaran kedua yang harus dimiliki entrepreneur. setiap entrepreneur harus bisa menganalisis pesaingnya, baik dari jumlah maupun strategi yang diterapkan oleh pesaing dengan basis kekuatan dan kelemahan masing-masing. Seringkali entrepreneur kalau melihat pesaing tidak secara komprehensif sehingga keputusan yang dibuat juga tidak bersifat strategis yang membuat daya saing tidak tercapai dalam artian sustainable competitive advantage yang menjadi hasil dari strategic thinking tidak akan bisa diraih dan berdampak kepada tujuan bisnis yang tidak akan bisa didapatkan.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana setiap entrepeneur memilih strategi yang paling tepat sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang berada dalam konteks bisnis para entrepreneur. Tentu analisis lingkungan menjadi dasar untuk membuat strategi yang paling tepat dalam konteks mampu memberikan superior value bagi konsumen di tengah tingginya tingkat persaingan bisnis saat ini.

Oleh karena itu, pelajaran dari kekalahan tim nasional Inggris dari Islandia benar-benar memberikan pelajaran yang luar biasa bagi para entrepreneur dalam membangun bisnis dengan dasar mindset atau sikap mental yang kuat, berfikir strategik serta membaut strategi yang paling bisa memberikan superior value sehingga mencapai sustainable competitive advantage. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: