BUSINESS TODAY
Presiden Jokowi mengunjungi Natuna dan melihat daerah dimana Pemerintah Indonesia seringkali menghalau kapal-kapal milik Tiongkok yang memasuki wilayah Indonesia dimana mereka merasa perairan Cina adalah bagian dari wilayah Tiongkok. Tentu hal ini membuat tanggapan yang negative dari Indonesia pada khususnya serta negara-negara ASEAN pada umumnya karena memang menjadi isu yang sangat sensitive dari negara-negara ASEAN.

Kedatangan Presiden Jokowi tentu memberikan pesan yang sangat berbeda dengan biasanya karena berhubungan dengan pimpinan negara yang langsung mengunjungi daerah konflik yang melibatkan Indonesia dengan Tiongkok. Secara politis, jelas ini menunjukkan bagaimana seriusnya pemerintah Indonesia dalam menunjukkan ketegasan mereka untuk menghadapi Tiongkok dalam hal kedaulatan negara yang pastinya harus dipertahankan dan tidak boleh diganggu oleh negara lain. Akan tetapi, Jokowi juga tidak langsung ingin berkonflik head to head dengan Tiongkok. Inilah politik internasional dimana konsep interdependensi atau saling ketergantungan.

Sebagai seorang entrepreneur, hal ini tentu memberikan sebuah pelajaran yang luar biasa dalam menjalankan sebuah bisnis. bisnis itu tidak bisa dilihat sebagai sebuah hal yang biasa karena pada akhinrya  seorang entrepeneur memang harus bisa menjalankan sebuah siasat yang notabene adalah sebuah politik yang menggambarkan bagaimana mereka menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen yang memang sangat diperlukan oleh setiap bisnis untuk bisa sukses dalam jangka panjang.

Dua hal yang penting dalam sikap entrepreneur adalah bagaimana entrepreneur memiliki sikap yang tegas dalam membuat keputusan untuk bisnisnya. Ketegasan ini menjadi faktor utama dalam membuat keputusan karena kualitas keputusan itu diperlihatkan dengan sejauh mana ketegasan seorang entrepreneur karena pada hakekatnya mereka adalah seorang pemimpin atau leader dalam memimpin banyak orang, khususnya karyawan yang terlibat dalam perusahaan setiap entrepreneur.

Ketegasan dalam diri seorang entrepreneur akan memperlihatkan sejauh mana pengaruh yang dimimiliki oleh setiap entrepreneur dalam aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Jangan pernah salah dalam menegakkan ketegasan dalam diri setiap entrepreneur.

Pelajaran yang kedua adalah bagaimana entrepreneur perlu bisa "bermain cantik" dimana para entrepreneur harus bisa juga menjaga keseimbangan antara apa yang ada dalam permasalahan yang mereka hadapi dengan apa yang harus dipertimbangkan dalam jangka panjang. Tidak boleh dalam keadaan emosi sehingga entrepreneur tetap harus bisa logis dalam membuat keputusan. Inilah yang perlu diperhatikan oleh setiap entrepreneur … bagaimana dengan anda? Hmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: