BUSINESS TODAY
Tantangan yang semakin berat dihadapi oleh para entrepreneur di negara ini adalah bagaimana bisa membaca dan menganalisis perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak dapat dikendalikan, tidak pasti dan selalu mengalami turbulensi yang luar biasa. Perubahan lingkungan ekonomi yang sangat terasa dengan momentum akan memasuki bulan ramadhan ini. perubahan yang sangat mendasar dari perilaku setiap masyarakat dalam menghadapi ramadhan sampai dengan

Setiap entrepreneur harus benar-benar fokus dalam meningkatkan daya saing atau competitiveness mereka dalam berbisnis dibandingkan dengan pesaing  yang selalu berupaya untuk mencapai lebih baik dibanding entrepreneur itu sendiri. Keunggulan setiap entrepreneur akan sangat terasa ketika produk mereka masih dipilih oleh para konsumen dibandingkan dengan pesaing. Ada konsep loyalitas dari konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh entrepreneur itu sendiri.

Dimasa sekarang, setiap entrepeneur dituntut untuk bisa menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen yang benar-benar bisa melihat dan menganalisis setiap perubahan lingkungan bisnis yang akan berdampak kepada bisnisnya, berupa peningkatan kualitas bisnis ataupun menurunkan kualitas bisnis yang dapat dilihat dari aspek kinerja bisnis.

Tentu hal ini harus benar-benar dilihat secara objektif dan entrepreneur diharapkan mampu membuat strategi bisnis yang fokus kepada pencapaian tujuan bisnis mereka yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan konsep sustainability competitive advantage menjadi syarat untuk majunya bisnis para entrepreneur.

Pelajaran berharga bagi setiap entrepreneur adalah bagaimana mereka bisa fokus dalam mengembangkan bisnis dengan menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen yang fokus pada pencapaian tujuan bisnis. suka tidak suka, hal ini harus membuat setiap entrepeneur menyadari akan kebutuhan menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen dalam bisnis.

Oleh karena itu, selalu fokus dalam proses manajemen strategik yang dimulai dari bagaimana entrepreneur melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal bisnis masing-masing, kemudian merumuskan strategi bisnis, menjalankan strategi sampai dengan mengevaluasi dan mengontrol implementasi strategi yang sudah dibuat tersebut sehingga keunggulan bersaing yang berkelanjutan akan terus bisa dicapai oleh para entrepeneur ditengah lingkungan bisnis yang terus berubah dan tidak pasti ini. bagaimana dengan anda? Sudah siap menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen? hmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: