BUSINESS TODAY
Salah satu faktor yang sangat ditunggu oleh para entrepreneur saat ini adalah bagaimana kebijakan dan keputusan pemerintah sehubungan dengan kondisi ekonomi yang jelas sekali sangat berpengaruh kepada bisnis para entrepreneur. apalagi menjelang bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi dimana umat muslim akan menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Tentu kebutuhan terhadap sembako akan semakin meningkat.

Hal ini memang dipengaruhi oleh faktor psikologis masyarakat yang akan memasuki bulan ramadhan dengan segala persiapan yang optimal agar mereka bisa menjalankan ibadah dengan totalitas dan memberikan manfaat buat diri mereka. Persiapan untuk makanan selama sahur dan juga berbuka puasa sehingga tingkat permintaan terhadap sembako semakin meningkat dan pastinya akan berpengaruh terhadap harga.


Inilah kondisi  yang sejatinya dicermati oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis, khususnya menjelang bulan Ramadhan ini. Faktor pemerintah menjadi "penentu" dalam menetralisir kondisi ekonomi yang terjadi saat ini. kenapa demikian, pemerintah sebagai regulator yang bertanggungjawab atas stabilnya kondisi ekonomi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan harga yang akan mempengaruhi daya beli masyarakat dan juga dengan kemampuan produksi setiap entrepreneur dalam berbisnis.

Sebagai seorang entrepreneur, jelas kondisi ini tidak akan bisa ditolak dimana perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisa dikontrol, tidak pasti dan mengalami turbulensi. Kondisi ini memang nyata sehingga diperlukan kemampuan untuk menganalisis setiap kebijakan pemerintah yang relevan dengan kondisi ekonomi. Sebagai contoh, bagaimana presiden Jokowi yang berniat untuk mengimpor sapi dari luar negeri, kemudian operasi pasar yang akan dilakukan pemerintah untuk memberikan harga produk yang lebih murah.

Tentu masih ada kebijakan pemerintah yang akan dikeluarkan dan sangat dibutuhkan oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Sejatinya, entrepreneur benar-benar fokus melihat dan memahami setiap kebijakan yang dibuat pemerintah. Kemudian, menganalisis dampaknya kepada bisnis yang dijalankan, bisa berupa peluang dan juga ancaman yang akan dihadapi oleh setiap entrepreneur.

Kondisi ini akan menentukan pilihan strategi yang akan diambil yang pastinya tetap diharapkan bisa fokus kepada pencapaian keunggulan bersaing yang berkelanjutan atau sustainable competitive advantage dalam bisnis sehingga tujuan akhir bisnisnya tercapai. Disinilah konsep bagaimana seorang entrepreneur itu harus menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen untuk tetap menumbuhkembangkan bisnis ditengah perubahan lingkungan bisnis dan salah satunya kebijakan pemerintah. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: