Inilah yang seringkali diucapkan oleh seorang entrepreneur dalam berkomunikasi dengan banyak orang. Termasuk saya, he-he...... pegang kata-kata saya sebagai bentuk komitmen saya kepada orang tersebut, apalagi berhubungan dengan leadership saya kepada mereka. perlu dipahami bahwa seorang leader itu sangat ditentukan oleh komitmen mereka dalam memimpin, apalagi berhubungan dengan bagaimana mereka tetap memegang kata-kata yang sudah disampaikan kepada anggota.



Saya tertarik menuliskan hal ini karena terasa sekali bahwa menjadi seorang leader itu tidak gampang, apalagi berhubungan dengan team work atau kerja tim yang memang membutuhkan kerjasama dari seluruh anggota tim. Entrepeneur tidak bisa bekerja sendiri karena entrepreneur itu bekerja dengan dan melalui orang lain, yaitu karyawan mereka yang memang setia menjadi tidak bisa optimal dalam bekerja.

Dalam menjaga semangat tim, dibutuhkan contoh langsung dari seorang leader, apalagi komitmen mereka dalam berucap dan apa yang mereka kerjakan. Pegang kata-kata saya menunjukkan bahwa seorang leader wajib bisa memegang ucapan kepada anggota, khususnya karyawan perusahaan. apa yang diucapkan dan dijanjikan kepada mereka harus benar-benar dibuktikan dan direalisasikan.

Oleh karena itu, jelas seorang leader harus benar hati-hati dengan ucapan mereka agar tidak menimbulkan masalah dibelakang hari. setiap ucapan entrepeneur sebagai leader akan diingat dan dicatat oleh bawahan, nantinya akan direalisasikan atau tidak. Titik kritis itu ada berada di momen of truth dimana saat seorang entrepeneur membuktikan janjit mereka kepada bawahan. Bila bisa dibuktikan atau direalisasikan, maka semua akan lancar dan bawahan akan melihat realisasi tersebut.

Inilah yang harus diperhatikan oleh setiap entrepeneur biar bisa menjadi pemimpin suksses dalam bisnis mereka. keberhasilan setiap leader, akan terlihat dari komitmen bawahan atau anggota mereka kepada leader tersebut dan untuk itu, dengan kata-kata yang direalisasikan dan tidak membohongi bawahan, akan menjadi bahan bakar yang luar biasa untuk menjadi a successfull leader in the business.

Menggerakkan atau mempengaruhi anggota itu tidak perlu selalu dengan bentuk materi berupa uang atau barang ataupun hadiah, akan tetapi bisa juga juga dari bagaimaan kita bisa memegang kata-kata dalam setiap janjit yang sudah diucapkan kepada mereka. janji inilah yang menjadi kunci sukses nantinya. so, peganlah kata-kata saya,,,
Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: