Dalam salah satu program Kick Andy yang ditayangkan oleh Metro TV tadi siang, ada satu pelajaran yang luar biasa dari tema yang diangkat yaitu bagaiman film 12 menit yang menceritakan tentang bagaimana seorang pelatih (coach) yang bisa membuat tim marching band meraih juara dalam pertandingan marcing band. Banyak cerita yang ditayangkan dalam cerita ini dan kunci dalam kisahnya adalah bagaimana seharusnya peran seorang leader.
Banyak cerita yang terjadi dalam proses pencapaian tujuan yang hendak dicapai oleh setiap pelatih. Tantangan dari anggota tim, keluarganya, orang-orang yang mendukung tim serta pemerintah dan juga pesaing. Banyak stakeholder yang terlibat dalam pencapaian tujuan yang akan dicapai oleh setiap anak didik untuk sukses tersebut.

Film ini memberikan nilai yang luar biasa bagi saya sebagai seseorang yang berniat untuk menjadi pemimpin yang bisa menjadi coach bagi para entrepreneur yang ingin membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang serta sustainability untuk masa minimal 10 tahun kedepan. Ini menjadi dasar yang diperlukan oleh setiap entrepreneur untuk bisa menjadi leader yang kuat agar organisasi yang dipimpinnya dapat mencapai tujuan.
Nilai lainnya yang didapat dalam film ini adalah bagaimana karakter seorang leader dalam memimpin dimana coach dalam membentuk tim marching band dipengaruhi oleh karakter beliau selama di luar negeri. Peran yang dimainkan oleh Titi Rajo Bintang dengan karakter beliau tegas, disiplin yang berasl dari pengalaman di luar negeri tersebut.
Karakter ini penting bagi setiap leader agar mampu menjadi seorang leader yang berhasil memimpin. Saya mengambil kakter tegas yang harus dimiliki oleh setiap leader. Ketegasan ini penting karena yang dimpimpin adalah manusia dan setiap manusia memiliki persepsi, motivasi, learning, personality dan juga attitude. Hal inlah yang mempengaruhi setiap orang yang ada dalam organisasi atau kelompok yang dipimpin. Demikian juga dengan setiap entrepreneur yang dibina.
Ketegasan yang dimaksud dalam diri setiap entrepreneur adalah bagaimana seorang leader benar-benar fokus dalam setiap aturan yang sudah disepekati. Tidak ada toleransi pada kesalahan atau ketimpangan dari apa kesepakatan tersebut. apalagi berhubungan dengan target yang hendak dicapai oleh setiap entrepreneur. kelonggaran yang diberikan pada orang-orang yang dipimpin akan berdampak kepada kelangsungan bisnis.
Oleh karena itu, jelas, ketegasan seorang pemimpin sangat penting dan harus terus dikembangkan. Kalau dihubungkan dengan manajemen, ketegasan ini diperlukan pada proses planning, organizing, actuating serta controlling. Jangan ada toleransi yang tidak memiliki dasar yang jelas pada setiap proses manajemen tersebut.
Bagaimana dengan disiplin? Konsep ini penting juga dari film 12 menit tadi. Disiplin tentu sudah biasa didengar oleh para entrepreneur ataupun seorang leader. Disiplin akan membuat pencapaian akan semakin mudah bagi setiap leader. Jangan pernah tidak disiplin dalam memimpin karena dalam disiplin tersebut, ada nilai yang sangat luar biasa yaitu berhubungan dengan bagiamana setiap hal yang sudah disepakati harus dijalankan secara teratur dan tidak ada gap dalam dimensi waktu.
Dalam diri seorang entrepreneur harus benar-benar ada ketgasan dan juga disiplin. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan knowledge, skill dan attitude tentang leadership serta karakternya, termasuk ketetgasan dan disiplin yang harus dimiliki oleh setiap leader.
TIM STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: