"Apa yang menjadi keunggulan seorang pensiunpreneur dibandingkan dengan seorang karyawan?" tanya seorang karyawan yang berniat untuk menjadi seorang pensiunpreneur dalam kelas yang saya bawakan beberapa waktu lalu. Tentu pertanyaan ini adalah pertanyaan yang bersifat penting bagi setiap karyawan karena mereka akan berpindah kuadran dalam kehidupan ini dan berharap akan mendapatkan hal yang lebih.
Bicara keunggulan atau kelebihan, jelas akan terada ketika seorang karyawan menjadi seorang pensiunpreneur yaitu bagaimana seorang pensiunpreneur tidak hanya memikirkan diri sendiri atau mendapatkan manfaat dari pilihan menjadi pensiunpreneur yang tidak hanya untuk diri sendiri. Manfaatnya juga akan dirasakan oleh banyak orang lain, minimal bagi karyawan dan juga masyarakat sekitar tempat mereka tinggal.

Hal ini ditunjukkan oleh Abah Heri dan Mak Ida, owner Lingkung seni Sari Malati yang dulunya adalah seorang karyawan PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Abah Heri benar-benar merasakan bagaimana manfaat menjadi seorang pensiunpreneur dibidang seni dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar padepokannya yang bergerak di bidang seni Sunda. Masyarakat juga merasakan manfaat atas kehadiran Abah Heri.
"Kami memberikan pelatihan tentang seni Sunda kepada anak-anak, remaja sampai dengan ibu-ibu yang tinggal di sekitar padepokan" kata Abah Heri. Memang terlihat bagaimana aktivitas latihan seni yang diselenggarakan oleh Abah Heri dan Mak Ida setiap hari Rabu. Latihan tentang music dan juga seni tari yang diberikan kepada masyarakat sehingga mereka bisa memainkan berbagai alat music seni sunda yang ada.
Saat ini, sudah banyak masyarakat yang bisa berhasil dalam seni Sunda dan mereka adalah anak didik Abah Heri dan Mak Ida. Latihan yang diberikan itu bersifat sosial dan saat ini, mereka sudah tersebar di berbagai daerah dengan membawakan berbagai seni yang sudah diajarkan. Tentu hal ini menjadi sebuah kepuasan yang dirasakan oleh Abah Heri dan Mak Ida yang sudah membangun bisnis ini sejak lama.
Saya jadi teringat bagaimana sejatinya seorang pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis itu mencapai tujuan profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Sisi tujuan planet inilah bagaimana pensiunpreneur harus bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.
So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: