Salah satu pelajaran yang tidak bisa dilupakan dari Kang Erwin, owner Boom Clothing yang menjadi narasumber dalam program Pensiunpreneur Siapa Takut? Yang ditayangkan di Bandung TV dan juga ada di STRABIZ TV (Internet TV) adalah bagaimana beliau aktif di komunitas yang beliau ikuti. Tentu hal ini perlu dipahami dengan baik karena berhubungan dengan bagaimana membangun sebuah peran strategis dalam bisnis.
Kalau ditelisik dengan lebih dalam tentang pelajaran yang disampaikan oleh kang Erwin adalah bagaimana memiliki leadership yang kuat dalam sebuah komunitas untuk kepentingan komunitas itu sendiri. Hmmmm….. saya jadi teringat dengan konsep komunitas yaitu bagaimana sekelompok orang yang memiliki kepentingan yang sama. Ini menjadi hal yang sangat mendasar untuk dipahami dengan baik oleh setiap entrepeneur.

Kepentingan yang dimaksud tentu berhubungan dengan anggota komunitas itu sendiri. Sejatinya, pensiunpreneur harus benar-benar memahami need, want dan demand dari anggota komunitas serta relasinya dengan diri para pensiunpreneur yang akan aktif dalam komunitas itu sendiri. Tidak dapat dipunngkiri bahwa hal ini nyata dan pastinya akan menjadi key success factor bagi setiap pensiunpreneur dalam membangun bisnis yang berbasis kepada komunitas.
Satu pelajaran yang tama adalah bagaimana setiap pensiunpreneur memiliki leadership yang kuat dalam komunitas tersebut. Artinya adalah bagaimana mereka memiliki pengaruh yang kuat untuk mengarahkan komunitas untuk mencapai tujuan yang berbasis kepada need, want dan demand yang sudah ditetapakn oleh komunitas itu sendiri.
Hal ini terlihat pada diri seorang kang Erwin dimana beliau aktif dalam komunitas dan menjadi leader dalam komunitas motor, yaitu SOG dan juga Nmax yang sangat digemari oleh banyak orang. Beliau benar-benar menjadi leader yang sangat disegani dan diikuti oleh para anggota nya. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang diikuti dan dijalankan oleh komunitas ini sehingga komunitas berjalan dengan program-program yang bermanfaat bagi anggota.
Lalu, bagaimana dengan bisnisnya? Inilah peluang yang bisa diciptakan oleh kang Erwin dimana beliau bisa membuatkan baju kaos dan baju lainnya serta berbagai merchandise yang dibutuhkan oleh komunitas sehingga bermanfaat bagi bisnis yang dijalankan oleh kang Erwin dengan Boom Clothingnya.
So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: