Masih ingat dengan cerita kang Erwin? Pengusaha konveksi dengan perusahaan dengan nama Boom Clothing yang bermarkas di Antapani Bandung dengan produk-produknya Baju kemeja dan juga baju kaos dan fokus kepada pemenuhan pasar komunitas otomotif,  baik sepeda motor maupun mobil. Berangkat dari cerita beliau di program Pensiunpreneur Siapa Takut? Yang tayang di Bandung TV setiap Sabtu pukul 15.30 – 16.00.
Kang Erwin yang berbisnis clothing dan sebelummya adalah seoang karyawan di perusahaan konveksi di Kota Bandung yang pastinya setiap orang sudah kenal dan fokus membuat baju kaos. Ingat merek itu, pasti ingat Kota Bandung. Hal yang menarik dan menjadi manfaat yang beliau manfaatkan dari tempat bekerjanya adalah bagaimana sejak beliau bekerja dulu sudah bergabung dengan komunitas otomotif yang ada di Kota Bandung dan bahkan di Indonesia.

Akan tetapi, beliau fokus membangun sebuah produk yang baru, meskipun pada dasarnya produk yang dibuat relative sama dengan produk tempat dia bekerja dulu tetapi, memilih pasar yang baru dan belum dilayani oleh perusahaan tempat bekerja dulu. Hmmmm… ini jelas sekali cara berfikir seorang karyawan yang pastinya tidak hanya dilevel staff biasa, akan tetapi sudah masuk di level managerial.
Ketika ini terjadi, semakin jelas dan nyata bahwa seorang karyawan, baik level manajer, direksi ataupun staff biasa sekalipun ketika membuat bisnis dengan menjadikan diri sebagai seorang pensiunpreneur, akan sangat diwarnai oleh pengetahuan dan pengalaman mereka dari tempat bekerja. Membuat produk baru dan melayani pasar yang belum dilayani oleh perusahaan tempat dia bekerja memiliki beberapa makna.
Pertama, seorang pensiunpreneur memiliki strategi dalam berbisnis yaitu differensiasi yaitu berbeda dengan pesaing dan berusaha untuk lebih baik daripaea pesaing yang berikan kepada konsumen. kedua adalah beliau menjaga etika dengan owner perusahaan lama dimana etika menjadi kunci sukses beliau dalam berbisnis dan akibatnya, beliau masih bisa berhubungan baik dengan owner tempat bekerja dulu karena memang sudah dianggap sebagai guru dan bahkan komunitas tempat dia bergabung juga dikembangkan oleh owner perusahaan tempat dia bekerja dulu.
Inilah bukti bahwa seorang pensiunpreneur itu bisa lebih cepat sukses dalam dan berbisnis dan dia memiliki modal intangible untuk sukses di bisnis.
  
So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: