BUSINESS TODAY
Bulan suci Ramadhan tinggal tiga hari lagi dan umat muslim sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ini dengan cara beribadah sebanyak mungkin sehingga memang menjadi ladang ibadah untuk menjadi seorang muslim sejati seperti yang dituntun oleh Nabi Muhammad SAW. Persiapan yang dilakukan oleh umat muslim sangat kentara jika melihat apa yang mereka beli di pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern.

Masyarakat semakin ramai di pasar tradisional untuk membeli kebutuhan makanan pokok yang akan digunakan untuk membuat makanan dimasa sahur dan juga berbuka puasa. Kebutuhan yang tidak dapat diabaikan karena diwaktu itulah umat muslim banyak mengkonsumsi makananan. Demikian juga di pasar modern seperti supermarket yang banyak dikunjungi oleh penduduk yang membeli kebutuhan masyarakat untuk sembako.


Sebagai seorang entrepeneur, tentu perlu mempelajari perilaku konsumen, khususnya umat muslim yang akan memasuki bulan suci ramadhan karena ini mempengaruhi tingkat konsumsi mereka terhadap makanan yang dibutuhkan sehari-hari. Perilaku konsumen ini adalah bagian dari seorang konsumen yang harus terus diamati dan dipelajari sehingga didapatkan sebuah pemahaman yang mendalam untuk membuat mereka bisa fokus dalam menentukan keputusan yang tepat tentang produk yang akan ditawarkan, bagaimana menawarkan, harga yang tepat sampai komunikasi yang harus dilakukan kepada konsumen.

Memang momentum bulan suci ramadhan menjadi point utama seorang umat muslim dalam membuat keputusan pembelian berbagai produk yang dibutuhkan mereka untuk menyambut bulan suci ramadhan. Perilaku masyarakat ini akan menentukan bagaimana mereka memutuskan pembelian produk, jumlah yang mereka beli, merek yang dibeli, tempat mereka membeli dan kapan mereka membeli. Semuanya akan dipengaruh oleh perilaku masyarakat menjelang bulan suci ramadhan.

Inilah yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis diwaktu seperti ini. jangan sampai terjebak dengan apa yang dilakukan selama ini yaitu berdasarkan kebiasaan yang bersifat rutinitas. Ketika ini terjadi, akan menimbulkan kegagalan bagi entrepreneur dalam memasarkan produk kepada konsumen. tentu hal ini tidak diharapkan oleh entrepreneur.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu mendalami perilaku setiap masyarakat dalam melakukan pembelian produk menjelang bulan suci ramadhan ini karena ini akan menentukan bagaimana produk tersebut akan dijual kepada konsumen. bagaimana dengan anda? Sudah siap mendalami perilaku konsumen menjelang ramadhan dan selama bulan bulan suci ramadhan ini? hmmmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: