Menjadi  seorang ayah, tentu merupakan sebuah berkah yang tidak ternilai harganya karena mendapatkan kesempatan untuk berperan untuk menumbuhkembangkan seorang anak manusia dengan status yang sangat penting untuk masa depan mereka, baik di dunia maupun di akhirat. Sebagai seorang ayah dengan anak-anak yang masih kecil, pengalaman yang sangat berharga ketika beberapa waktu ini saya bisa dekat dengan kedua anak saya .

Memang beberapa waktu lalu, saya cukup jauh dengan mereka karena memang tugas dan pekerjaan yang menuntut saya untuk berada cukup jauh dari rumah sehingga membuat komunikasi dan kedekatan saya dengan kedua orang anak saya tidak dapat dihindarkan. Rasanya, ketika pulang kerumah, ada sebuah kondisi yang cukup janggal dan aneh karena anak-anak merasa jauh dengan saya dan pastinya membuat mereka terasa asing bagi saya.


Banyak hal yang saya rasakan dan lihat dari perilaku anak saya dan itu membuat saya miris ketika mendengar dari istri saya bahwa kedua anak saya tumbuh dengan pengaruh yang sangat signifikan dari teman-teman mereka dimana yang paling besar sudah duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar dan si bungsu sudah duduk di Taman Kanak-Kanak, kelas B dan tinggal menghitung hari sudah akan masuk sekolah Dasar.

Sekarang, Alhamdulillah, saya sudah bisa berkumpul dengan mereka dan memberikan waktu yang lebih banyak kepada mereka. Ada hal yang sangat rasakan yaitu bagaimana terjadi perubahan perilaku pada kedua anak saya dimana mereka mulai mau membuka diri dan banyak cerita kepada saya tentang apa yang mereka lakukan selama di sekolah dan bahkan apa yang mereka lakukan dirumah sembari menunjukkan bagaimana prestasi yang mereka capai sesuai dengan arahan dari guru-guru mereka di sekolah.

Satu hal yang menjadi penting bagi saya adalah ketika memiliki anak yang sudah dititipkan oleh Allah SWT dan mereka menjadi asset yang sangat berharga, sejatinya seorang ayah yang notabene sebagai kepala keluarga juga menyempatkan diri untuk memberikan pendidikan kepada anak-anaknya agar mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan oleh kedua  orang tua yaitu menjadi anak yang sholeh dan sholehah sehingga menjadi benteng bagi kedua orang tuanya saat ini dan yang akan datang. Berbagai permasalahan anak, khususnya perilakunya akan bisa teratasi dengan baik.

Oleh karena itu, seorang ayah berperan sangat penting untuk kesehatan dan kemajuan anak-anaknya di kemudian hari. Mari sayangi dan cintai anak-anak kita….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: