Hati-hati dengan posisi setiap orang dalam bisnis, khususnya dengan menjadi entrepeneur yang sudah jelas-jelas memiliki konsep yang berbeda dengan  seorang karyawan. inilah yang saya dapat dari pertemuan dengan Seorang direktur Utama salah satu BUMN di kota Bandung tadi siang. Meskipun setiap entrepreneur ituberbeda dengan karyawan, akan tetapi, ada satu kesamaan dalam peranan kedua kelompok ini.

Kesamaan antara kedua kelompok ini adalah bagaimana setiap orang menyadari bahwa mereka itu adalah seorang leader yang harus benar-benar menjalankannya secara efektif dan efisien. Tidak dibedakan apa pun peranan mereka dalam setiap lembaga atau institusi yang mereka pilih, yang pasti mereka itu adalah seorang leader yang tidak bisa bekerja sendiri untuk mencapai tujuan bisnis mereka



Leadership itu minimal ada di setiap diri yaitu bagaiman dia itu bisa menjadi seorang leader bagi diri mereka sendiri. menjadi leader bagi diri itu penting karena semakin kesini, saya memahami bahwa faktor yang paling utama bagi setiap entrepeneur adalah faktor yang terdapat dalam diri mereka sendiri. tidak bisa merubah orang lain terlebih dahulu sebelum merubah orang lain. Self leadership ini akan menentukan keberhasilan setiap orang dalam memimpin perusahana yang mereka jalankan.
            Konsep leadership adalah bagaimana setiap orang bisa mempengaruhi orang lain agar bisa bekerja secara efekfit dan efisien. Konsep pengaruh inilah yang harus dimiliki setiap orang dalam bekerjasama dengan orang lain. Tidak ada pengecualian untuk seriap orang agar mereka benar-benar bisa mempengaruhi orang lain tersebut untuk bergerak dan memenuhi apa yang ditargetkan oleh para entrepeneur ataupun pemilik perusahaan bila mereka berperan sebagai seorang karyawan.
            Oleh karena itu, leadership harus benar-benar dipahami dan dihayati oleh para entrepeneur. penghayatan ini penting dan akan berdampak kepada perubahan persepsi mereka tentang leadership itu sendiri. memang setiap orang harus meluruskan persepsi terlebih dahulu tentang leadership itu sendiri. ada pengetahuan dan skill yang harus dipelajari dan ditingkatkan oleh setiap orang.
            Pengetahuan ini bisa didapatkan dari pelajaran dari para pemipin dan teori yang didapatkan di kelas dan di luar kelas. Pengetahuan itu penting agar membuat peersepsi menjadi benar dan tidak salah lagi. Pengetahuan yang akan menjadi guidance setiap orang agar bisa menjadi leader yang efektif dan efisien.
            Bagaimana dengan skill atau kemampuan setiap orang dalam memimpin? Skill ini juga bisa dipelajari, akan tetapi, harus diaplikasikan agar bisa memimpin dengan baik dan efektif sercara efisien. Tidak akan bisa seorang enterpeneur bila tidak mempraktekkan ilmu tentang leadership bila tidak dipraktekkan dalam kehidupan ini. banyak pelajaran dari setiap aplikasi atau penerapan ilmu leadership yang bisa diambil oleh para entrepreneur ataupun orang yang menjadi karyawan.
            Aspek lainnya yang perlu dipahami adalah bagaimana setiap orang memiliki sikap yang benar dalam memipin atau menjadi seorang leader. Bagaimana setiap orang harus bisa merespon secara positif apa yang datang kepada mereka dan berdampak kepada diri serta orang lain dengan baik. oleh karena itu, marilah kita pahami bahwa setiap orang itu adalah pemimpin. Jadilah seorang pemimpin yang efektif dan efisien.
Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: