BUSINESS TODAY
Salah satu variabel yang harus diamati dan dianalisis oleh setiap entrepeneur saat ini adalah percepetan dari teknologi informasi yang berada di sekitar bisnis mereka yang bila seorang entrepreneur tidak berhasil atau gagal melihat dan menganalisis perubahan informasi, maka akan membuat bisnsi mereka ketinggalan dengan pesaing yang nota bene sudah memasuki area yang tidak sempit lagi yaitu bagaimana lingkungan global yang berdampak kepada entrepeneur.

Sebagai seorang entrepeneur, tentu ada sebuah pelajaran yang sangat berharga yang bisa diambil dan memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis tersebut. Apa itu? Sejatinya seorang entreperneru harus bisa menerapkan strategi speed dan fleksibel atau bagaimana strategi yang cepat dan fleksibel. Inilah yang menjadi tuntutan setiap entrepeneur dalam berbisnis saat ini. kecepatan berhubungan dengan bagaimaan mereka membuat keputusan bisnis dan berkontribusi pada penyelesaiaan masalah yang dihadapi oleh bisnis tersebut.


Tidak dapat dipungkiri bahwa kecepatan ini berhubungan juga dengan bagaimana entrepreneur bisa membuat keputusan yang tidak berbelit-belit, birokratis sampai dengan keputusan yang melibatkan banyak orang. Tentu hal ini harus dihindari oleh setiap entrepeneru saat iini karena berhubungan dengan strategi speed yang memang harus dibuat. Selain itu, speed juga dalam proses bisnis dalam menghantarkan produk kepada konsumen yang saat ini sudah sangat tergantung kepada teknologi informasi.

Bagaimana dengan strategi fleksibel? Disnilah tantangan seorang entrepeneur untuk membuat struktur organisasi yang simple, sederhana sampai dengan yang flat dengan tujuan bagaimana fleksibility dalam membuat keputusan dan juga dalam bertindak. Setiap entrepreneur benar-benar diharapkan mampu menjalankan strategi fleksibel untuk mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Inilah yang harus diperhatikan oleh setiap entrepreneur di tengah perubahan teknologi informasi yang begitu cepat ini. sudah waktunya entrepreneur fokus untuk menjadi seorang ahli strategi dan fokus menganalisis lingkungan bisnis dan membuat strategi speed dan fleksibel.

Ketika ini bisa dilakukan oleh para entrepeneur, jelas mereka akan bisa mencapai daya saing dan pada akhinrnya mencapai sustainable competitive advantage sehingga tujuan bisnis yang sudah ditetapkan oleh manajemen dan entrepreneur itu dapat dicapai secara efektif dan efisien. sudah waktunya entrepreneur fokus untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan tersebut dengan menjadi seorang ahli strategi dan memilih strategi speed dan fleksibel sebagai pilihannya. Bagaimana dengan anda? hmmmmm
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: