Social capital atau modal sosial adalah konsep dasar yang perlu dipahami dan dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena menghadapi tantangan dan peluang serta kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri dan bisnis setiap entrepreneur. modal sosial itu berhubungan dengan apa saja yang dihasilkan oleh hubungan baik oleh entrepreneur dengan akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas bisnis, media dan perbankan.
Bentuknya adalah informasi, pelatihan, pendanaan, fasilitas pemasaran dan lain-lain. Inilah yang menjadi poin utama bentuk modal sosial yang bisa dimanfaatkan oleh entrepreneur.


1.     Pahami konsep modal sosial yang dihasilkan oleh lingkungan
Pahami konsep modal sosial yang dihasilkan oleh lingkungan bisnis yaitu akademisi, pelaku usaha atau perusahaan, pemerintah, komunitas bisnis, perbankan dan juga media.
2.     Pahami nilai modal sosial bagi perusahaan
Hal ini berhubungan dengan bagaimana perusahaan mendapatkan value dari modal sosial  yang diberikan oleh lingkungan tersebut. Kontribusi pada keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia.
3.     Pahami program CSR perusahaan
Pahami program CSR yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan kepada entrepreneur karena program tersebut adalah program strategik bagi manajemen. Ini penting agar bisa disesuaikan dengan karakter perusahaan dan bisa mengambil tindakan yang sesuai dengan apa yang diharpakan oleh perusahaan.
4.     Do the best dalam memanfaatkan program CSR
Hal ini berhubungan dengan bagaimana entrepeneur melakukan hal-hal yang terbaik bagi perusahaan penyedia program CSR dan berhubungan baik dengan mereka. Konteksnya adalah menjadi nomor satu atau nomor dua atau tidak sama sekali dengan perusahaan yang mengelola program CSR.
Inilah beberapa tips CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: