Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para entrepreneur dalam berbisnis adalah bagaimana perubahan lingkungan bisnis yang berdampak kepada fluktuasi harga bahan baku yang dijual oleh para supplier. Tentu semua entrepreneur merasakan hal ini karena sejatinya entrepeneur berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah dan tidak pasti sehingga disinilah dituntut para entrepreneur untuk bisa menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen
1.       Memahami bahwa fluktuasi harga bahan baku itu pasti


Hal ini membangun sebuah pemahaman yang sangat mendalam bagi para entrepreneur untuk melihat lingkungan bisnis itu memang berubah dan harus bisa membuat strategi yang paling tepat untuk membuat bisnis terus bisa mencapai sustainable competitive advantage.
2.       Mengumpulkan data
Setiap entrepreneur dalam menjalankan operasi bisnis harus berbasis dengan data sehingga apapun yang diputuskan, bukan lagi berbasis kepada intuisi semata, akan tetapi berbasis kepada data sehingga kualitas keputusan menjadi logis.
3.       Membuat prediksi atau meramalkan perubahan harga
Ini yang juga penting bagi para entrepreneur untuk membuat forecasting atau peramalan atas perubahan harga bahan baku karena ini akan menajdi sumber keunggulan bersaing bagi entrepreneur.
4.       Membuat keputusan strategis
Keputusan bisnis harus dibuat oleh para entrepreneur untuk meminimalisir resiko atau dampak dari perubahan harga bahan baku dengan tetap membuat produk dengan harga bersaing dan tetap bisa dibeli oleh konsumen.
5.       Membangun hubungan baik
Buat dan bangun hubungan baik dengan para supplier sehingga kalaupun terjadi perubahan harga bahan baku, tetap bisa mengurangi ancaman atau resiko karena sudah terbangun saling pemahaman dengan supplier.
6.       Melakukan efisiensi 
Ini yang memang perlu dilakukan oleh para entrepreneur karena konsep efisiensi harus menjadi dasar keputusan yang dibuat oleh para entrepreneur. efisiensi dengan waktu dan keuangan adalah indikator yang paling efektif bagi para entrepreneur.
7.       Membuat proses bisnis 
Proses bisnis yang baru dengan kondisi kenaikan harga bahan baku menjadi dasar bagi para entrepreneur untuk membuat keunggulan bersaing yang berkelanjutan dan proses bisnis baru ini menjadi model baru bagi para entrepreneur dalam berbisnis.
Inilah beberapa tips OPERATION MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: