Semakin kesini, jelas sekali semakin terasa bagaimana pentingnya seorang entrepreneur fokus untuk mengembangkan pemahaman yang baik tentang produk dan bahkan mempersiapkan product profile yang bisa dipahami oleh para target market yang jelas sekali menjadi kunci sukses untuk memasarkan sebuah produk yang saat ini tidak mudah menghadapi persaingan yang juga menawarkan produk yang sama kepada pasar yang sama.

1.       Memahami produk yang akan dijual dengan baik
Pahami produk yang akan dijual dengan konteks bagaimana entrepeneur menyadari konsep solusi yang diberikan oleh produk kepada konsumen. selain itu, jelas pahami juga karakteristik dari produk yang dimiliki.

 
2.       Memahami kelemahan produk dibandingkan dengan pesaing
Entrepreneur harus bisa memahami kelemahan produk dibandingkan dengan pesaing juga karena hal ini akan menentukan sejauh mana produk entrepreneur itu memiliki kelemahan dibanding pesaing.
3.       Fokus kepada keunggulan dari produk yang dijual
Entrepeneur harus fokue kepada keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing karena berhubungan dengan tingkat persaingan yang saat ini sudah semakin tinggi dan menuntut setiap entrepreneur fokus kepada keunggulan produk dibandingkan pesaing. Hal ini bisa dilihat dari aspek content ataupun context mereka menawarkan produk.
4.       Memahami target market dengan baik
Entrepreneur harus benar-benar memahami target market dari konteks need, want dan demand terhadap produk yang dihasilkan oleh para entrepreneur karena inilah awal berfikir setiap entrepreneur dalam memasarkan produk mereka.
5.       Mempersiapkan materi promosi kepada target market
Materi promosi harus disiapkan kepada target market, mulai dari pesan sampai dengan media yang digunakan sehingga akan semakin jelas komunitasi diterima oleh para target market yang akan membeli produk para entrepreneur.
6.       Mengkomunikasikan kepada target market
Entrepreneur harus bisa mengkomunikasikan keunggulan produk kepada target market, baik melalui pengiklanan, sales promotion, personal selling, public relations, direct marketing dan ini harus benar-benar terintegrasi.
7.       Mengevaluasi produk
Entrepreneur perlu melakukan evaluasi atas produk dan komunikasi yang sudah dilakukan dengan melihat sejauh mana orang mengetahui produk, tertarik dengan produk, berminat untuk membeli produk sampai dengan membeli produk serta rasa puas dan loyalitas.
Inilah beberapa tips MARKETING MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let's make a management system for our company
Oleh Tim STRABIZ Management Consulting
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: