BUSINESS TODAY 
Dalam beberapa hari ini, berita yang berkembang di masyarakat adalah bagaimana rencana pemerintah untuk mengimpor daging sapi dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging, khususnya menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini. hal yang paling mendasar adalah bagaimana membuat harga daging menjadi Rp. 80.000 per kilogram yang memang dijanjikan oleh Presiden Jokowi kepada masyarakat. Tentu keputusan ini adalah sebuah keputusan yang harus dijalankan oleh pemerintah dan salah satu opsinya adalah dengan mengimpor daging sapi dari luar negeri.

Akan tetapi, tentu rencana ini akan berdampak kepada bagaimana meruginya para petani sapi yang ada di negeri ini karena dampak dari impor daging. Kurang lebih Rp. 70 triliun para peternak sapi akan mengalami kerugian atas keputusan tersebut. Hal ini perlu mendapatkan perhatian pemerintah  yang memang berencana untuk membuat swasembada pangan di neger ini dan pastinya yang menjadi tulang punggung adalah rakyat Indonesia yang merupakan peternak sapi. Kondisi ini adalah salah satu bentuk dilematis pemerintah yang harus dihadapi dan tentunya diharapkan bisa membuat keputusan yang memiliki dampak minimal bagi rakyat Indonesia.



Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga di sini karena berhubungan dengan bagaimana membuat keputusan diantara kondisi yang sangat dilematis dan memiliki tujuan yang sama  yaitu bagaimana membuat masyarakat  yang sejahtera dan diuntungkan dengan keputusan yang baik. Dilematis ini salah satu kondisi yang dihadapi oleh setiap entrepeneur ketika keputusan tersebut memberikan dampak negative.

Sejatinya, seorang entrepeneur akan membuat keputusan strategik bagi bisnis mereka dan oleh karena itu, entrepreneur harus masuk kedalam kerangka berfikir seorang ahli strategik dan manajemen dimana keputusan  yang dibuat harus benar-benar bisa fokus mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Sudah waktunya entrepreneur bisa membuat keputusan dalam keadaan dilematis tadi.

Satu hal yang paling penting adalah entrepreneur harus bisa menganalisis lingkungan dimana keputusan itu berada dan apa kepentingan dari masing-masing stakeholders didalamnya. Hal ini akan menentukan posisi setiap entrepeneru dalam bisnis tersebut. Inilah yang paling penting untuk dipahami dengan baik dimana entrepreneur akan mencari alternative solusi, menganalisis setiap alternative solusi sampai dengan membuat keputusan, menjalankan keputusan serta mengevaluasi keputusan yang dibuat. Inilah hal yang paling penting bagi setiap entrepreneur. bagaimana dengan anda? Hmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: