BUSINESS TODAY
Luar biasa, duel el classic antara Persib melawan Persija di pertandingan yang sangat dramatis tadi malam benar-bemar menunjukkan bagaimana kualitas kedua belah tim yang memperebutkan kemenangan selain gengsi yang sangat diharapkan akan meningkatkan image tim. Tim Persib yang bertanding di Gelora Bandung Lautan Api dan didukung oleh puluhan ribu bobotoh yang notabene adalah pendukung setiap Persib. Hasil imbang 0 – 0 tentu membuat tim Persib kecewa karena pertandingan di kandang sendiri dan juga didukung oleh “pemain kesebelas” tetapi gagal memanfaatkan kesempatan. Akan tetapi, inilah pertandingan sepak bola yang seringkali disebut orang bola itu bundar. 


Sebagai seorang entrepreneur, tentu pertandingan el classic tadi malam memberikan pelajaran yang luar biasa karena disinilah gambaran bagaimana sejatinya seorang entrepreneur itu adalah sebagai seorang ahli strategi dalam bisnis dan manajemen yang mereka jalankan. Bisnis itu seperti pertandingan yang harus mencapai kemenangan karena berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi setiap saat.

Strategi adalah bagaimana entrepreneur itu berfikir strategic untuk menghasilkan sebuah pilihan terbaik  untuk bisa mencapai sustainable competitive advantage sehingga tujuan bisnis dapat dicapai yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Dalam konteks tadi malam, jelas pelatih Persib, Djadjang Nurjaman menjadi ahli strategi untuk bisa meraih keunggulan di kandang sendiri.

Seorang entrepreneur juga diposisikan sebagai seorang pelatih yang menyusun strategi dengan memperhatikan lingkungan internal dan lingkungan eksternal dari bisnis yang dijalankan tersebut. Internal berhubungan dengan anggota tim pemain yang harus dimainkan untuk mencapai hasil yang optimal bagi tim. Komptensi tim yang terdiri dari knowledge, skill dan attitude adalah point utama dalam pertimbangan memilih tim.

Lingkungan eksternal juga berpengaruh karena berhubungan dengan pesaing yang akan dihadapi oleh setiap entrepreneur. inilah waktunya entrepreneur untuk menentukan siapa pesaing yang akan dikalahkan dan konsumen yang menjadi target market setiap entrepreneur dalam berbisnis. Barulah setelah itu menetapkan strategi dan juga program yang tepat bagi bisnis. tentu hasil yang diharapkan adalah bagaimana mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan serta tujuan bisnis yang dicapai itu bisa menjadi bisnis yang profit, people, planet, sustainability sampai dengan bisnis yang tumbuh dan berkembang. Bagaimana dengan anda? Siap menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen? hmmm


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: