Program Belajar Bisnis di Radio atau Belbiz On Radio K-Lite 107,1 FM yang berlangsung pada hari Jumat, 22 Juli 2016 pukul 19.15 – 20.15 WIB membahas sebuah tema yang dibutuhkan oleh masyaratkat yang menjalankan bisnis, khususnya entrepreneur muda yang pastinya ketika mereka menjalankan bisnis membutuhkan sebuah harga yang akan ditawarkan kepada konsumen sehingga memberikan manfaat kepada perusahaan dan konsumen.

Belbiz diawali oleh sharing dari Meriza Hendri, Direktur STRABIZ Manajemen Bandung. “Setiap entrepreneur harus membuat keputusan bisnis dan salah satunya adalah keputusan tentang harga” kata Meriza.  Tugas utama seorang entrepreneur adalah bagaimana membuat keputusan bisnis yang sanga dipengaruhi oleh harga produk yang dijual kepada setiap konsumen sehingga dapat menggambarkan bagaimana nantinya profit atau laba  yang didapatkan oleh setiap entrepreneur terhadap bisnis yang dijalankan tersebut.



Ada beberapa tips yang disampaikan oleh Meriza dalam Belbiz ini. “Beberapa tips yang harus diperhatikan dalam menetapkan harga adalah pertama memiliki mindset bahwa yang dijual kepada konsumen adalah Value yaitu perbandingan antara benefit dengan cost, lalu, harga itu tidak hanya rupiah saja akan tetapi juga berbentuk waktu, energy dan psikologi” kata Meriza.

Itulah beberapa tips yang disampaikan oleh Meriza sebagai pengantar. Kunto Aji yang juga menjadi narasumber menambahkan bahwa biaya produksi, target market dan pesaing harus menjadi perhatian juga. “Entrepreneur harus memulai dengan perhitungan biaya Harga Pokok Penjualan (HPP) dan juga target market serta pesaing dalam menetapkan harga sehingga tujuan bisnis untuk mendapatkan profit dapat tercapai” kata Kunto Aji.

Banyak respon yang diberikan oleh entrepreneur muda terhadap materi tadi malam. Pertanyaan memang tidak dibatasi tentang harga saja, akan tetapi bisa seputar bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. Adam dari www.strategidanbisnis.com mempertajam bagaimana sejatinya entrepreneur dalam menetapkan harga. Yang tidak kalah penting, Adam dan Kujang Suryalaga, yang memandu acara ini mengumumkan dua pemenang yang mengirimkan pertanyaan terbaik kepada Meriza dan Kunto Aji.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: