Setiap entrepreneur dituntut untuk bisa menerapkan manajemen untuk bisnis mereka karena inilah yang diperlukan oleh setiap entrepreneur kalau ingin membuat bisnis mereka bisa sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Manajemen menjadi salah satu kunci sukses mereka karena itu akan menentukan bagaimana entrepreneur itu bisa sukses benar-benar menjadi entrepreneur.


Manajemen itu pada hakekatnya adalah bagaimana entrepreneur bisa bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. ada beberapa point yang harus dipahami yaitu entrepreneur itu bekerja dengan dan melalui orang lain dan berarti mereka tidak bekerja sendiri dan melibatkan orang lain dalam mencapai tujuan. Ingat, orang lain ini akan mempengaruhi setiap entrepreneur dalam bekerja.

Yang kedua adalah bagaimana mencapai tujuan secara efektif dan efisien. setiap entrepreneur dituntut untuk bisa mencapai tujuan yang efektif yang berarti sesuai dengan target yang ditetapkan, serta efisien dimana tujuan dicapai sesuai dengan sumber daya yang sudah dialokasikan. Konsep efisien dan efektif ini adalah indikator setiap entrepreneur dalam menerapkan manajemen dengan baik. Tentu ini harus menjadi perhatian entrepeneur.

Inilah yang harus dipahami entrepreneur kenapa perlu menerapkan POAC yaitu bagaimana entrepeneur harus membuat perencanaan yang efektif dalam bisnisnya, baik keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia. Perencanaan adalah awal  yang harus harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam manajemen.

Barulah setelah itu melakukan pengorganisasian atas sumber daya yang ada di perusahaan yaitu manusia, mesin, uang, metode sampai dengan bahan baku atau material. Pengorganisasian ini adalah penting karena berhubungan dengan bagaimana pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan tersebut. Seringkali entrepreneur terjebak dengan tidak adanya kesesuaian antara perencanaan dengan pengorganisasian.

Yang paling penting adalah actuating atau bagaimana entrepreneur menjalankan setiap perencanaan dengan konteks bagaimana mereka action dan tidak hanya planning. Dalam hal ini diperlukan leadership, decision making, communication, team building sampai dengan motivational untuk diri dan juga anggota tim.


Barulah entrepreneur melakukan evaluasi dan kontrol atas hasil yang sudah dicapai dengan membandingkan antara rencana yang berisi tujuan dengan realisasi pada aspek profit, people, planet, sustainability dan bisnis yang tumbuh  dan berkembang. Dalam hal ini, setiap entrepreneur benar-benar dituntut untuk bisa menjadi manajer untuk bisnis mereka masing-masing, khususnya manajer untuk keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: