Ada satu hal yang menarik untuk menjadi seorang entrepreneur yaitu bagaimana mereka akan menghadapi banyak masalah dalam kehidupan bisnis yaitu turun naiknya kondisi bisnis. pada waktu di atas, tentu akan memberikan semangat yang luar biasa, akan tetapi, kalau sudah dibawah, akan menjadi masalah karena akan berdampak kepada emosi. Kenapa demikian? Karena sudah berdampak kepada kerugian yang mereka derita dan selain diri, tentu keluarga juga akan memberikan masukan  yang luar biasa.


Kalau gagal, rasanya, akan banyak orang yang akan menyiindir dan mengatakan kenapa memilih bisnis tersebut. Selain itu, juga bilang kan sudah dikatakan bagaimana bisnis. lain lagi kalau sukses, akan ditanya kok bisa sukses dan timbul pertanyaan-pertanyaan yang akan berhubungan dengan bisnis mereka.

Sebagai seorang entrepreneur, harus bisa terus memotivasi diri untuk mencapai sukses karena akan berhubungan dengan konsistensi untuk berbisnis dan mencapai sukses yang sudah ditetapkan. Ada satu pelajaran yang sangat berharga dan harus dijalankan oleh setiap entrepreneur yaitu bersyukur dan bersabar dalam setiap bisnis yang dijalankan. Memang seringkali orang terjebak dengan emosi dan salah mengelola bisnis.

Bersyukur adalah bagaimana entrepreneur mengucapkan Alhamdulillah kepada Allah SWT ketika mereka berhasil mencapai sebuah tujuan atau target yang sudah ditetapkan. Tujuan ini menjadi iindikator untuk mereka dalam berbisnis. Perlu diingat bahwa jangan lupa ketika lagi sukses karena mereka akan melakukan berbagai hal yang salah seperti tindakan ke mall, tempat hiburan ataupun melakukan hal-hal  yang salah. Paling jelek adalah mereka tidak beryukur dengan apa yang sudah diterima.

Dilain pihak, mereka tidak sabar atau selalu menyalahkan kondisi ketika gagal dalam bisnis. Mencari kambing hitam adalah kebiasaan yang tidak baik yang dilakukan oleh banyak orang ketika mereka gagal dalam mencapai sesuatu. Hal ini tidak akan baik bagi diri setiap entrepreneur dan bahkan menjadi demotivasi dalam mencapai bisnis. padahal, perlu dipahami bahwa kegagalan itu juga sudah diatur oleh Allah SWT.


Disinilah seorang entrepreneur perlu memahami konsep diri dan motivasi diri dimana mereka harus bisa bersyukur ketika mendapatkan kesuksesan dalam bisnis dan bersabar ketika diuji dengan berbagai kegagalan dalam bisnis. dia akan tetap memotivasi diri untuk mencapai tujuan  yang sudah ditetapkan di awal. Intinya, tidak ada kata mundur dan harus terus berupaya untuk mencapai tujuan bisnis. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: