Assalamualaikum wr. Wb.
Perkenalkan saya Ayi Junaingsih dan mohon penjelasan dari Bapak-bapak tentang penetapan harga. Saya berbisnis
Es buah dan diwaktu bulan ramadhan harganya saya naikkan dan tidak masalah karena penjualannya tinggi dan laris. Akan tetapi, bagaimana baikanya setelah lebaran ini untuk menjual es buah, apakah harganya tetap seperti dulu yaitu tinggi atau lebih baik saya turunkan? Mohon masukannya dan atas tanggapannya, saya ucapkan terima kasih.

Ayi Junaingsih
Mekar Sari


Selamat malam,
Waalaikum salam bu,

Terima kasih atas pertanyaannya dan pastinya bicara harga sebuah produk, pastinya akan menjadi sebuah hal yang penting karena berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan oleh setiap entrepreneur dalam menghasilkan sebuah produk dan juga laba yang akan didapatkan karena inilah esensi dari sebuah bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. tujuannya adalah laba untuk dapat agar perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Menentukan harga bagi setiap produk harus memperhatikan beberapa hal yaitu pertama, target pasar yang kita ingin layani. Ini harus didefinisikan jelas dulu karena kalau konsumennya menengah atas, mereka relative tidak sensitive dengan perubahan harga, sementara konsumen menengah bawah, relative sensitive dengan perubahan harga dan ini harus menjadi perhatian.

Setelah itu, lihat pesaing karena pesaing juga menawarkan produk yang sama kepada target pasar yang sama. Pesaing harus menjadi salah satu rujukan bagi setiap entrepreneur dalam menetapkan harga. Pilihannya adalah bagaimana harga di atas harga pesaing, sama dengan pesaing ataupun dibawah harga yang ditetapkan oleh pesaing. Ini harus diperjelas dulu agar tidak salah dalam menetapkan harga dan sesuai dengan target pasar yang dipilih.

Momentum juga harus menjadi perhatian. Ingat, kondisi semasa ramadhan itu sangat berbeda dengan setelah lebaran. Ketika ramadhan, masyarakat tidak terlalu peduli dengan harga karena mereka lebih mengutamakan emosi untuk berbuka. Ini mempengaruhi psikologi setiap orang untuk membeli produk dan waktu itu adalah yang penting beli saja untuk berbuka puasa. Beda dengan sekarang dimana orang semakin logis dan memperhitungkan untung dan rugi dan pastinya akan mencari harga yang bersaing.

Yang terakhir, perhatikan biaya produksi yang diperlukan untuk memproduksi produk karena tetap harus memperhatikan laba bagi perusahaan. inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam menetapkan harga untuk produknya. Semoga bermanfaat bagi Ibu Ayi.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: