Ada satu hal yang menarik bagi setiap entrepreneur muda muslim ketika mereka benar-benar fokus untuk sukses dalam bisnis. apa itu? Berhubungan dengan waktu yang notabene menjadi salah satu sumber daya yang harus dimanfaatkan oleh para entrepreneur secara optimal untuk kepentingan bisnis masing-masing. kenapa demikian? Ini relevan dengan ajaran agama Islam yang menjadi sumber dan bahkan fondasi bagi entrepreneur muda muslim.

Banyak entrepreneur yang kurang memperhatikan dimensi waktu dan bahkan saya sendiri ketika mengembangkan bisnis dan terjebak dengan aktivitas yang bersifat rutin dalam menjalankan keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia. Waktu seolah-olah aspek yang kurang diperhatikan. Sementara, waktu itu bagaikan pedang yang bermata tajam kalau gagal memanfaatkan waktu, maka entrepreneur akan kena sayatnya.


Disinilah bagaimana entrepreneur diingatkan oleh Allah SWT untuk fokus dalam mengelola waktu atau time management dimana entrepreneur harus bisa mengatur waktu yang sangat singkat dan padat ini. Wal’ashri.. demi masa, demikianlah Allah SWT bersumpah dalam Alqur’an dan ini harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam membangun dan mengembangkan bisnis yang sangat relevan dengan dimensi waktu.

Oleh karena itu, entrepreneur diharapkan untuk kembali menyadari bahwa asset yang paling utama bagi entrepreneur itu adalah waktu yang tidak akan kembali lagi kalau sudah lewat. Waktu itu adalah intangible resources dan sifatnya benar-benar uncontrollable. Tidak bisa dikontrol dan kalau sudah lewat, ya sudah… inilah yang kurang mendapatkan perhatian banyak entrepreneur. kesadaran akan waktu sebagai sebuah asset harus terus ditingkatkan oleh setiap entrepreneur.

Selanjutnya adalah bagiamana memanfaatkan setiap waktu secara terencana. Hal ini berhubungan dengan perencanaan yang baik oleh setiap entrepreneur karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur menjalankan manajemen dalam setiap bisnisnya. Dimensi waktu harus benar-benar diperhitungkan agar bisa mencapai hasil yang optimal dengan target yang sudah ditetapkan tersebut. Tidak boleh para entrepreneur terjebak dengan perencanaan yang tidak memperhatikan waktu.


Yang tidak kalah pentingnya adalah entrepreneur muda muslim benar-benar fokus menjadikan apa yang dilakukan dalam dimensi waktu ini sebagai sebuah amal ibadah untuk mencari keridhaan Allah SWT dimana kalau sudah melakukan hal ini, akan membuat diri mereka tenang dan mendapatkan kesuksesan di dunia dan akhirat yang memang menjadi tujuan akhir setiap entrepreneur di dunia ini. so… Demi waktu… entrepreneur muda muslim harus benar-benar memanfaatkan waktu. 

Tulisan lainnya ada di www.strategidanbisnis.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: