Menjadi seorang entrepreneur, tentu akan berhadapan dengan banyak hal yang akan menggoda ataupun mengganggu aktivitas bisnis. godaan yang mungkin bagi sebagian orang enak, akan tetapi, pada hakekatnya adalah sesuatu yang seringkali akan merusak bisnis di masa yang akan datang. Hmmm.. tentu sebagai seorang entrepreneur muda muslim, sudah sejatinya memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menjadi seorang entrepreneur muda muslim yang taat dengan aturan yang sudah di tetapkan oleh Allah SWT.

Mungkin bagi sebagian orang, menjadi entrepreneur muda muslim yang baik adalah dengan menjadikan perintah Allah SWT sebagai sebuah hal  yang akan dilakukan dengan baik. Akan tetapi, jelas di agama Islam bahwa umat-Nya diminta untuk menjalankan perintah Allah SWT seoptimal mungkin yang disesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya. namun demikian, tentu diusahakan untuk bisa dilakukan dengan baik.


Berbeda halnya dengan larangan Allah SWT yang memang harus diihindari untuk dijalankan. Sebagai contoh, bagaimana menghindari bisnis yang tersentuh dengan riba yang pastinya dilarang oleh Allah SWT. Selain itu, bagaimana harus meninggalkan bisnis dengan bohong, tidak tepat waktu dan sebagainya. Ini adalah contoh bagaimana entrepreneur itu diharapkan benar-benar menjauhi apa yang dilarang oleh Allah SWT karena itu adalah fondasi untuk bisa membuat bisnis yang berkah di dunia dan akhirat.

Dalam konteks ini, saya mengingatkan diri saya sendiri dan juga para entrepreneur muda muslim untuk fokus pada bagaimana membangun sebuah bisnis dengan pendekatan yang semakin tinggi kepada Allah SWT melalui tindakan yang menjauhi larangan-larangan-Nya. Tidak dapat dipungkiri memang seringkali adanya godaan untuk menjalankan bisnis dengan mendekati larangan Allah SWT itu terasa lebih enak dan nikmat, akan tetapi, entrepreneur muda muslim harus benar-benar melihat sebagai sebuah hal yang harus dihindari.

Inilah yang harus dilakukan oleh entrepreneur muda muslim. Tidak ada hal yang lebih utama daripada menjadi seorang entrepreneur muda muslim sukses selain menjalankan bisnis sesuai dengan syariah Islam dan yang paling utama adalah menjauhi larangan Allah SWT. Ketika ini bisa dilakukan, maka akan banyak peluang yang dapat didapatkan dan diambil sebagai sebuah bentuk peluang bisnis yang dapat memberikan keberhakan kepada setiap entrepreneur muda muslim.

Ingatkan diri ketika berbisnis karena Allah SWT dan mencari keberkahan-Nya, maka bisnis tersebut akan jauh lebih baik dan membuat hati menjadi semakin tenang.

Bismillahirrahmanirrahim….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: