BUSINESS TODAY
Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dan bahkan pemerintah adalah membuat Pakta Integritas dengan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini terlihat pada beberapa aktivitas yang dijalankan oleh Berbagai lembaga pemerintahan, baik di tingkat pusat ataupun daerah. Bahkan saat ini yang sangat getol adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memang sangat rentan untuk mengalami permasalahan korupsi yang sangat ditakuti oleh berbagai pihak saat ini di tengah tingginya sorotan masyarakat terhadap pelaksanaan manajemen perusahaan yang sangat dipengaruhi oleh korupsi.


Bahkan KPK menyatakan bahwa terjadinya korupsi bisa dikelompokkan menjadi tiga penyebab pokok yaitu kelemahan sistem, permasalahan integritas sumber daya manusia sampai dengan masalah kultur organisasi (HU Pikiran Rakyat, 21 Juli 2016). Tentu dengan pembangunan pakta integritas dengan KPK yang dilakukan oleh berbagai lembaga pemerintah dan perusahaan ini diharapkan ketiga faktor tersebut bisa diminimalisir untuk terjadinya korupsi.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang sangat berharga dalam menumbuhkembangkan bisnis saat ini. bicara korupsi bukan saya permasalahan yang berhubungan dengan pemerintahan, akan tetapi juga berhubungan dengan bagaimana proses bisnis yang ada di perusahaan milik entrepreneur itu sendiri. Jangan naïf bahwa korupsi hanya tidak akan terjadi pada perusahaan mereka karena itu semua mungkin terjadi.

Oleh karena itu, sudah waktunya entrepreneur fokus dalam membangun mindset untuk memiliki proses bisnis yang beretika dan jauh dari korupsi. Ingat, bisnis para entrepreneur itu berada dalam sebuah lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi dan salah satu bentuk lingkungan bisnis itu adalah pemerintah ataupun perusahaan yang notabene juga melibatkan orang-orang.

Disinilah potensi korupsi yang mungkin saja dialami oleh para entrepreneur dan bahkan yang tidak kalah penting adalah potensi karyawan melakukan korupsi. Kalau ini terjadi? Tentu akan  berdampak kepada bisnis para entrepreneur itu sendiri. Pada akhirnya, entrepreneur akan terkena dampak atas tindakan korupsi yang melibatkan karyawan mereka sendiri.

Oleh karena itu, rasanya pakta integritas yang dilakukan oleh berbagai lembaga pemerintahan ataupun perusahan perlu dicontoh oleh entrepreneur sehingga korupsi itu bisa dihilangkan melalui penguatan sistem dalam perusahaan, peningkatan sumber daya manusia sampai dengan penguatan kultur organisasi.

Bagaimana dengan anda? Sudah siap membangun pakta integritas untuk membuat bisnis yang beretika? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: