Tugas utama seorang entrepreneur adalah bagaimana mereka membuat keputusan. Hal ini menjadi sebuah dasar untuk memahami tugas yang harus dilakukan oleh para entrepreneur ditengah mereka mencapai target. Bahkan untuk mencapai target tersebut, entrepreneur fokus kepada membuat keputusan yang berhubungan dengan bagaimana keputusan harus bisa berkontribusi kepada pencapaian tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainabilility sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.


Mungkin banyakyang tidak menyadari tentang tugas utama ini karena lebih yang terlihat adalah bagaimana bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur lebih melihat bagaimana bisnsi itu dipermukaan khususnya yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia dan teknologi informasi. Padahal, dalam di antara hal tersebut berhubungan dengan bagaimana entrepeneur harus membuat keputusan bisnis.

Oleh karena itu, entrepreneur harus kembali kepada bagaimana kesadaran untuk membuat keputusan  yang berhubungan dengan bisnis. inilah tugas utamanya. Lalu, apa yang harus diperhatikan oleh para entrepeneur dalam membuat keputusan tersebut? Pertama adalah bagaimana kesadaran para entrepreneur untuk membuat keputusan  harus dalam keadaan logis. Kenapa demikian? Karena bisnis itu adalah logis dan fokus untuk meningkatkan total profit melalui peningkatan total revenue dan mengurangi total cost.

Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur itu mendapatkan informasi yang seoptimal mungkin berhubungan dengan lingkungan bisnis dan bisnis itu sendiri. Bagaimana entrepreneur tidak boleh memiliki pemahaman yang rendah terhadap bisnis para entrepreneur itu sendiri. Inilah esensi dimana setiap entrepreneur itu harus benar-benar fokus dalam membangun pemahaman yang mendalam dan bahkan tinggi untuk setiap bisnis mereka.

Tantangan para entrepreneur saat ini sudah semakin jelas bagaimana meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah tersebut untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tugas untuk terus menjadi seorang pembelajar dengan mempelajari bagaimana keputusan dibuat dan juga bagaimana memanfaatkan teknologi informasi yang dapat membantu membuat keputusan bisnis adalah tugas  yang harus dijalankan para entrepeneur

Bahkan saat ini, teknologi informasi menjadi backbone setiap entrepreneur dalam membuat keputusan bisnis dimana mereka bisa mendapatkan informasi untuk keputusan dan bahkan membantu proses pembuatan keputusan yang dapat memberikan value kepada entrepreneur dan juga bisnis mereka masing-masing. semuanya berintegrasi untuk membuat keputusan yang dapat memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan bisnis.


Tim STRABIZ Management Consulting 
Tulisan lainnya ada di www.strategidanbisnis.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: