BUSINESS TODAY
Euforia Tim Nasional Portugal yang berhasil mengalahkan Tim Nasional Perancis dalam ajang 4 tahunan, piala Eropa beberapa hari yang lalu masih sangat terasa dimana Tim Portugal yang pada awal ajang Piala Eropa ini seolah-olah terseok-seok untuk memenangkan berbagai pertandingan dan bahkan sempat dicemooh oleh banyak pihak tentang kualitas tim, akan tetapi, bisa juga memenangkan pertandingan yang sebenarnya banyak yang menggunggulkan Perancis karena selain tuan rumah, pastinya juga memiliki pemain yang bagus.

Akan tetapi, fakta berkata lain dimana Tim Portugal pada akhirnya mampu mengalahkan tuan rumah dan ada satu yang menarik, yaitu bagaimana seorang Ronaldo, yang sudah keluar dari lapangan karena cedera, memompa semangat dan mental teman-teman timnya untuk terus berjuang dan menghasilkan gol untuk kemenangan Tim Portugal. Bahkan apa yang dilakukan oleh Ronaldo sangat dipuji oleh banyak orang karena dia bukanlah seorang pelatih,


Sebagai seorang entrepreneur, tentu ada pelajaran yang luar biasa dari apa yang didapatkan oleh tim nasional Portugal tersebut. Pelajaran yang berhubungan dengan sikap mental atau  yang lebih dikenal dengan Mindset seorang entrepreneur. sikap mental untuk menjadi juara adalah bagaimana melewati apa-apa yang sudah terjadi dan mampu menjadi seorang juara karena pada hakekatnya, seorang entrepreneur itu adalah seorang juara yang dalam konteks bisnis adalah harus mencapai sustainable competitive advantage.

Mental juara itu tidak gampang menyerah dan terus berusaha sekuat tenaga melakukan yang terbaik untuk mengalahkan lawan karena bisnis itu juga penuh dengan persaingan. Tidak dapat dipungkiri, kalau bicara teknik, pasti Perancis juga memiliki pemain yang bagus, akan tetapi, mental juara yang pada akhirnya berhubungan dengan lucky atau keberuntungan juga akan muncul. Inilah yang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur.

Yang tak kalah penting pelajaran yang sangat berarti adalah bagaimana seorang Ronaldo yang terus memompa semangat anggota timnya untuk memenangkan persaingan, meskipun dirinya sudah berada di posisi di luar lapangan. Dorongan semangat dari seorang Ronaldo mampu membakar semangat dan mental pemain Portugal lainnya. Inilah  yang menjadi kekuatan yang mampu membawa tim menjadi tim pemenang.

Oleh karena itu, sebagai seorang entrepreneur, pelajaran yang sangat berharga dari kemenangan tim Portugal dari Perancis harus dimakanai dengan baik dan dimanfaatkan dalam rangka membangun bisnis yang mampu memberikan sustainable competitive advantage. Bagaimana dengan anda? hmmmm


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: