Suka tidak suka, pelajaran yang sangat saya rasakan ketika berkunjung ke BEBEK GOROWK ketika shooting Program Pensiunpreneur, Siapa Takut? yang tayang di Bandung TV dan STRABIZ TV beberapa waktu yang lalu adalah bagaimana penerimaan Bu Siti Gumilang kepada saya dan tim. Bagi saya, luar biasa dan sangat berbeda dengan yang lain. Bu siti memberikan service excellence atau layanan prima kepada saya dan tim.

Hmmmm.. saya jadi teringat dengan konsep yang selalu saya kembangkan dalam pensiunpreneur yaitu bagaiman kelebihan atau keunggulan seorang karyawan yang menjalankan bisnis setelah mereka pensiun dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mereka bekerja dulu dibisnis sekarang ini. terlihat bagaimana bu Siti memberikan layanan kepada konsumen mereka. Tak ubah layakanya layanan kepada konsumen hotel karena membang beliau bekerja dibagian FOOD and BEVERAGE.


Rasanya, ini membuktikan bagaimana seorang pensiunpreneur memiliki competitive advantage untuk bisa sukses dalam bisnis. saya yakin ketika bekerja sama orang lain, setiap karyawan mendapatkan pelatihan ataupun pendidikan tentang service excellence atau layanan prima. Karena memang level bisnis untuk sukses harus bisa memberikan layanan prima kepada konsumen untuk bisa membuat mereka puas dan loyal kepada perusahaan.

Disinilah para karyawan yang akan ataupun sedang menjalankan bisnis untuk memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman dalam bekerja dulu untuk memberikan layanan prima. Saya merasakan konsep TERRA yang seringkali diajarkan ketika saya juga bekerja di PT Asuransi Bintang Tbk, pada tahun 2001 – 2003 dulu. Tangible adalah konsep bagaimana saya harus berpenampilan rapih dan menarik kepada konsumen. hal ini juga ditunjukkan oleh bu Siti dalam bisnisnya.
Empati atau merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain juga mendapatkan perhatian bu Siti karena setiap entrepreneur yang merasa lama menunggu makanan, langsung dipercepat proses dengan tetap mempertahankan kualitas. Demikian juga dengan respons yang cepat ketika konsumen meminta produk kepada beliau.

Reliability atau kesesuaian antara yang dijanjikan dengan yang diberikan menjadi perhatiannya juga. Dia benar-benar menangani prosese pembuatan produk sendiri, barulah diberikan kepada karyawan kalau tinggal menyajikan. Yang terakhir, assurance yaitu bagaimana beliau menunjukkan kualitasnya sebagai seorang pebisnis di kuliner dengan dasar pengetahuan dan pengalaman di hotel.

So, masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: