Salah satu keuntungan yang paling berharga dari seorang pensiunpreneur dalam membangun bisnis adalah bagaimana mereka sudah terbiasa dulu dengan sebuah kata yang sangat penting yaitu visi yang disampaikan oleh manajemen. Saya juga merasakan bagaimana manajemen perusahaan dulu, PT Asuransi Bintang Tbk, tempat saya bbekerja selalu menyatakan bagaimana setiap karyawan harus berkontribusi pada pencapaian visi perusahaan. kalimat ini menjadi kalimat awal yang saya dapatkan ketika mengikuti program Manangement Traninee sebelum menjadi karyawan yang mengerjakan fungsi marketing.


Rasanya, ini menjadi kunci yang menjadi pegangan saya dalam berbisnis. Dan inipun dirasakan oleh Ibu Wiwik, owner Sensory Motor School yang menjadi narasumber dalam program Pensiunpreneur Siapa Takut yang tampil di Bandung TV dan STRABIZ TV. “Impian saya adalah memberikan manfaat bagi banyak orang, khususnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan ini dapat dilakukan di seluruh kota besar di Indonesia” demikian kata Ibu Wiwik dalam sesi terakhir program talkshow tersebut.

Hmmm.. hal ini seharusnya menjadi pegangan bagi setiap pensiunpreneur untuk berbisnis. Adapun bicara tentang visi, tentu semua orang sudah memahami hal itu adalah impian dari seorang entrepreneur yang sudah diintegrasikan ke dalam visi perusahaan mereka dan akan dicapai. Jadi, ini adalah sebuah fondasi bagi setiap pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis setiap saat. Seolah-olah, visi ini adalah bahan bakar yang terus membakar semangat para pensiunpreneur untuk menjalankan bisnis dan mencapai tujuan yaitui profit, people, planet, sustainable sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Oleh karena itu, karyawan yang akan menjadi pensiunpreneur perlu mendefinsikan visi pribadi dan kemudian dituliskan serta disinergikan dengan visi perusahaan. Contohnya, saya menetapkan visi bagaimana menjadi perusahaan terpercaya dalam meningkatkan kualitas entrepreneur menjadi seorang strategic entrepreneur di Indonesia pada tahun 2024. Visi ini adalah pegangan saya dalam membuat dan menjalankan bisnis
Visi ini akan sangat terasa ketika saya sendiri dan tim mengalami kendala berupa masalah dari aspek keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia serta teknologi informasi … ketika say abaca visi saya kembali, semangat untuk fokus pada bisnis dan menyelesaikan masalah bisnis itu muncul kembali.

Inilah inspirasi yang disampaikan oleh Ibu Wiwik dan semoga bermanfaat bagi karyawan yang akan menjadi pensiunpreneur ataupun yang sudah menjadi pensiunpreneur. Sudahkah menetapkan visi pribadi anda menjadi seorang pensiunpreneur?

Bagaimana dengan anda? Masih takut memilih untuk jadi pensiun preneur sukses? Waktunya sekarang memutuskan untuk menjadi seorang pensiun preneur sukses. Ingat…….., NOW OR NEVER…..


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: