BUSINESS TODAY
Meskipun Hari Raya Idul Fitri 1437 H sudah lewat dan sekarang sudah memasuki aktivitas normal atau rutin masyarakat Indonesia, akan tetapi, masih saja tersisa bagaimana masih tingginya harga berbagai kebutuhkan pokok yang sangat berhubungan dengan bawang, beras dan lain-lain. Lihat saja bagaimana pemberitaan yang ada dimana harga-harga yang masih tinggi berdampak kepada banyak pihak, termasuk rumah tangga yang mengkonsumsi bahan pokok tersebut.


Pastinya kondisi ini juga berdampak kepada para entrepreneur yang berbisnis kuliner pada khususnya karena mereka memang menggunakan sembako untuk produksi produk-produk yang mereka hasilkan serta masyarakat pada umumnya yang pastinya menjadi konsumen untuk produk-produk tersebut. Tentu hal ini akan menjadi sebuah lingkaran yang saling berhubungan. Apalagi ini sudah selesai lebaran dimana masyarakat sudah banyak mengeluarkan dana untuk kepentingan mudik dan lain-lain.

Sebagai seorang entrepreneur, inilah yang harus menjadi perhatian karena ini merupakan bentuk seorang entrepreneur harus menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen ditengah perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, selalu berubah, tidak pasti dan mengalami turbulensi. Kegagalan entrepreneur untuk menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen akan membuat bisnis para entrepreneur kalah bersaing dan tidak akan mencapai sustainable competitive advantage.

Perubahan lingkungan bisnis setelah lebaran ini harusnya menjadi sebuah awal bagi para entrepreneur untuk menjadi seorang ahli bisnis dan manajemen dengan fokus pada penetapan tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dalam bentuk bisnis dalam skala mikro, kecil, menengah dan besar. Barulah setelah itu selalu memperhatikan perubahan lingkungan bisnis eksternal yaitu makro dan mikro, termasuk perubahan lingkungan ekonomi yang digambarkan dari mahalnya bahan sembako.

Kemampuan entrepreneur memetakan perubahan lingkungan bisnis, menganalisis dampak perubahan lingkungan bisnis serta memprediksi perubahan sampai dengan mengontrol perubahan lingkungan bisnis yang bisa dikontrol  menjadi tugas dan tanggungjawab setiap entrepreneur kalau ingin sukses. Disinilah pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai seorang ahli strategi bisnis dan manajemen diperlukan. Tidak bisa ditawar-tawar lagi bagi setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, marilah para entrepreneur fokus dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap untuk menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen  melalui proses belajar, berlatih dan menjalankannya. Hal ini akan terjadi peningkatan kualitas diri setiap saat. Inilah yang harus dilakukan setiap entrepreneur. bagaimana dengan anda? Hmmmmm….


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: