Pelajaran yang paling berharga ketika menjalankan komunikasi dalam bisnis adalah bagaimana bisa fokus dalam merumuskan pesan yang hendak disampaikan kepada stakeholders. Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur untuk bisa sukses dalam berbisnis, karena bisnis tidak akan bisa dilepaskan dari komunikasi dengan stakeholdes, mulai dari konsumen, pesaing, distributor dan juga supplier. Belum lagi dengan pemerintah, asosiasi, media, perbankan akademisi, komunitas dan lain-lain.


Kata kunci untuk sukses ini berangkat dari pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi dan fokus pada pesan yang akan disampaikan kepada stakeholders. Kalau boleh dibilang, pesan adalah kunci dalam membangun komunikasi yang efektif dan mencapai tujuan  yang sudah ditetapkan oleh para entrepreneur itu sendiri. Pesan adalah kunci yang harus menjadi sukses dan tidak bisa dihindari oleh para entrepreneur.

Dalam konteks komunikasi, pesan itu harus dirumuskan dengan baik. Awal yang harus diperhatikan adalah tujuan dari komunikasi tersebut. Jelas dalam komunikasi ada tujuan yang seringkali dirumuskan dengan konsep AIDA atau Attention, Interest, Desire dan Action. Apa tujuan komunikasi yang akan dilakukan kepada stakeholders. Kejelasan tujuan akan menentukan pesan yang akan disampikan. Belum lagi siapa yang akan menyampaikan pesan. Tentu seringkali orang yang akan menyampaikan adalah entrepreneur itu sendiri.

Media yang digunakan juga akan menentukan karena nantinya berhubungan dengan anggaran yang dimiliki oleh para entrepreneur. misalnya, akan menggunakan media televisi nasional tetapi anggaran yang dimiliki terbatas. Padahal tujuannya sudah ditetapkan yaitu bagaimana orang mengetahui produk yang dimiliki oleh entrepreneur secara nasional. Tentu hal ini akan berdampak kepada hasil yang nantinya dicapai sehingga pemilihan media yang sesuai dengan anggaran yang ada menjadi kunci.

Yang tidak kalah penting juga dalam menentukan pesan ini adalah siapa target yang akan menerima pesan. Ada konsep yang seringkali dipahami oleh orang dalam berkomunikasi adalah komunikasi kepada orang yang lebih tua, seumur, dibawah para entrepreneur akan menentukan pesan yang baik dan tepat sehingga bisa diterima oleh mereka dan menjalankan apa yang sudah ditetapkan sebagai sebuah tujuan.

Oleh karena itu, sudah waktunya entrepreneur sebelum berbicara kepada banyak orang lain, apalagi dalam konteks berpromosi, mulai hati-hati dan mempersiapkan pesan apa yang akan disampaikan kepada stakeholders sehingga dapat mencapai hasil yang sudah ditetapkan dengan baik.

Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: