Akhir tahun bagi setiap entrepreneur adalah waktunya untuk melakukan analisis terhadap keuangan perusahaan dan kemudian membuat rencana anggaran kerja untuk tahun depan. Untuk tahun ini, jelas, bagi setiap entrepreneur membuat rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) tahun 2016. Oleh karena itu, setiap entrepreneur sudah perlu membuat rencana untuk tahun depan.

Ada banyak entrepreneur yang kurang memahami konsep dasar ini dimana mereka harus benar-benar menyaradari bahwa kinerja perusahaan mereka sangat tergantung pada RKAP ini dan juga membahas bagaimana RKAP ini menjadi alat control untuk penggunaan biaya dalam bisnis setiap entrepreneur. jelas ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur. oleh Karena itu, beberapa tips yang perlu dipahami adalah
1.       Menganalisis lingkungan bisnis tahun depan


Sebelum membuat rencana kerja dan anggaran perusahaan, entrepeneur harus bisa menganalisis setiap lingkungan bisnis kedepannya, khususnya lingkungan internal yaitu keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, teknologi informasi, fasilitas dan budaya perusahaan. kemudian, lingkungan eksternal yaitu mikro yang terdiri dari konsumen, pesaing, supplier dan distributor. Lingkungan eksternal makro yaitu politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi dan pasar. hal ini akan menentukan posisi entrepreneur di pasar.

2.       Membuat target penjualan tahun depan
Target penjualan ini harus benar-benar menjadi dasar untuk setiap entrepeneur dalam bekerja tahun depan. Target penjualan yang realistis dan sesuai dengan lingkungan bisnis adalah penting bagi setiap entrepreneur.

3.       Membuat struktur biaya perusahaan
Struktur biaya adalah point utama bagi setiap entrepeneur dalam membuat rencana biaya perusahaan. dalam hal ini, struktur biaya berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia yang semuanya harus dibuat sebagai fondasi.

4.       Mengatur biaya untuk tahun depan
Mengatur biaya tahun depan ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur membuat sebuah nilai yang tepat agar bisnis memiliki “amunisi” untuk mencapai target perusahaan. tentu biaya ini akan bersifat relative terhadap target perusahaan dalam hal penjualan. Jangan lagi digunakan konsep penjualan sebesar-besarnya, sementara biaya sekecil-kecilnya yang tidak relevan dengan bisnis saat ini. entrepreneur harus menganalisis pesaing juga dan perilaku supplier dan distributor dalam berbisnis.

Inilah beberapa tips FINANCIAL MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: