Ada satu tantangan setiap entrepreneur dalam membangun bisnis yaitu bagaimana mereka fokus pada proses bisnis karena inilah yang menjadi penting bagai perkembangan dan jalannya bisnis setiap entrepreneur. seringkali entrepreneur terjebak dengan fungsi lain dalam manajemen seperti keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia tetapi kurang memperhatikan operasi. Oleh karena itu, entrepreneur perlu

1.       Fokus pada proses bisnis setiap bisnis
Entrepreneur harus benar-benar fokus pada setiap proses bisnis yang ada di perusahaan yang terdiri dari SIPOC… supplier, input, process, output sampai dengan consumer dimana entrepreneur akan bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability sampai dengan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

2.       Lakukan continues improvement
Seorang entrepreneur harus bisa melakukan perbaikan terus menerus atas proses bisnis yang mereka jalankan karena tidak ada yang sempurna sehingga yang menjadi point nya adalah bagaimana mencapai kesempurnaan secara terus menerus.

3.       Tulislah setiap proses bisnis setiap hari
Entrepreneur harus belajar untuk menuliskan setiap proses bisnis setiap hari karena ini berhubungan dengan perbaikan terus menerus serta mendalami proses bisnis yang sedang dijalankan. Bahkan ini

4.       Evaluasi untuk konsistensinya
Konsistensi dalam menjalankan proses bisnis sesuai dengan standard operating procedures membuat kunci keberhasilan para entrepreneur dalam berbisnis. Seringkali konsistensinya rendah sehingga tidak dapat mencapai tujuan dengan baik.

5.       Evaluasi untuk pencapaian hasil
Hasil yang dicapai oleh para entrepreneur harus bisa dievaluasi. Hal ini menggambarkan bagaimana mereka bisa membandingkan antara tujuan dan hasil, dimana dapat diketahui apakah sesuai dengan target, melebih target atau dibawah target.

6.       Diskusikan dengan manpower
Dalam konteks ini, entrepreneur harus benar-benar bisa mendapatkan masukan dari para karyawan yang menjalankan proses bisnis karena mereka adalah orang-orang yang ada di lapangan untuk membangun bisnis.

7.       Terus belajar
Ini yang paling penting yaitu bagaimana entrepreneur harus bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui belajar karena ketika ini bisa dilakukan, maka proses continues improvement akan bisa dijalankan dalam perusahaan dan akan bisa mencapai tujuan bisnis.

Inilah beberapa tips OPERATIONAL MANAGEMENT yang pastinya harus dijalankan entrepreneur dalam kerangka membangun manajemen sistem perusahaan yang unggul untuk mencapai sustainable competitive advantage. Let’s make a management system for our company

Oleh Tim STRABIZ Management Consulting 


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: