BUSINESS TODAY
Ada satu bahasan yang sangat penting untuk dicermati yaitu dengan berakhirnya masa liburan lebaran atau yang lebih dikenal juga dengan aktivitas mudik yang dilakukan oleh banyak orang dari kota ke kampung halaman, yaitu bagaimana arus balik yang terjadi. Tidak hanya aktivitas arus mudik saja, akan tetapi, juga arus urbanisasi yang merupakan perpindahan warga dari desa ke kota dengan mengikuti teman-teman atau keluarga yang katanya sudah berhasil tinggal di kota dan membangun bisnis ataupun bekerja di tempat orang lain.


Bahasan ini ada di berbagai media dan memperlihatkan bagaimana banyak orang yang memang berpindah dari desa ke kota. Hal ini nyata dan pastinya akan berdampak kepada kehidupan di kota. Masalah, sejauh mana potensi kesuksesan mereka untuk tinggal di kota karena kondisi di kota itu tidaklah akan nyaman bagi orang-orang yang pindah dengan skill atau keterampilan yang rendah. Di kota memang pasti ada lowongan pekerjaan karena entrepreneur juga membutuhkan karyawan, akan tetapi, sejauh mana mereka memiliki keterampilan yang cukup untuk bekerja.

Sebagai seorang entrepreneur, tentu masalah ini tidak boleh dilihat sebelah mata atau malah berprinsip ini bukan masalah saya. Rasanya, naïf sekali kalau berfikiran seperti itu karena sejatinya seorang entrepreneur adalah orang-orang yang membangun sebuah bisnis dan memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri dan juga orang lain. Para masyarakat yang melakukan urbanisasi ini bisa saja mendapatkan manfaat dari keberadaan entrepeneur dengan bisnis tersebut.

Diperlukan sebuah pemahaman yang baik untuk bisa melihat hakekat seorang entrepreneur dan memberikan manfaat yang optimal bagi banyak orang. Berikan kesempatan bekerja untuk para urbanisasi. Atau yang lebih baik juga bagi para entrepreneur yang tinggal di daerah, benar-benar mengoptimasi setiap bisnisnya sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang di tempat tinggal tersebut. Akan banyak lapangan pekerjaan yang dapat diberikan kepada mereka dan hal ini akan memberikan dampak luar biasa dimana mereka tidak akan mau lagi bekerja di kota. Lebih baik bekerja di desa dengan tempat yang lebih baik dan dekat dengan orang tua.


Inilah yang perlu dicermati dengan fenomena mudik yang membawa orang lain beserta mereka untuk datang ke kota. Fenomena tahunan dan sebagai entrepreneur perlu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Bagaimana dengan anda? Hmmm….
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: