BUSINESS TODAY
Setelah hari raya Idul Fitri 1437 H, waktunya masyarakat melakukan silaturahmi dengan mengadakan acara Halal bi Halal, baik ditingkat pemerintahan Kota ataupun Kabupaten bahkan sampai dengan negara yang menyelenggarakan kegiatan ini. semuany bertemu dan saling memaafkan satu sama lain dengan wajah ceria. Dalam konteks ini, sebenarnya, sudah relevan dengan kegiatan mudik yang dijalankan sebelum dan selama lebaran tersebut.


Tentu sebagai seorang entrepreneur, hal ini menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk dipahami karena berhubungan dengan kegiatan rejeki  yang akan didapatkan oleh para entrepreneur. kenapa demikian? Ada satu konsep dasar yang seringkali dipahami oleh para entrepreneur yaitu bagaimana mereka membangun relasi dan silaturahami.

Entrepreneur perlu mengambil sebuah pemahaman yang sangat baik tentang bagaimana membangun silaturahmi dengan para stakeholders yang dapat memberikan kontribusi pada rejeki juga nantinya dalam bentuk kerja bisnis yang saling menguntungkan. Hanya saja, tentu silaturahmi yang dimaksud dalam konteks lebaran ini adalah bagaimana bisa saling bertemu dan saling memaafkan untuk setiap ucapan dan tindakan yang mungkin pernah membuat orang kurang berkenan sehingga mereka tidak nyaman dengan para entrepreneur.

Satu hal yang paling penting adalah bagaimana memberikan maaf yang ikhlas dan tidak hanya basa basi karena seringkali orang lebih banyak di ucapan saja dan tidak sampai kepada hatinya. Hal ini akan membuat semuanya tidak optimal dan sangat disayangkan ketika ini terjadi sehingga akan terlihat pada bagaimana mereka tidak fokus. Keikhlasan menjadi point utama bagi setiap entrepreneur yang akan melakukan silaturahmi ini.

O iya, yang perlu juga diperhatikan oleh para entrepreneur adalah bagaimana entrepreneur memahami apa yang harus dilakukan setelah silaturahmi ini. tidak hanya saja fokus pada say hello dan ketawa ketiwi, akan tetapi, fokus pada bagaimana membuat action plan. Rencana aksi untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan ketika kembali ketempat kerja menjadi salah satu indikator yang dapat melihat sejauh mana manfaat dari silaturahmi tersebut.


Disinilah makna yang tergandung dalam setiap aktivitas silaturahmi yang diselenggarakan oleh banyak entrepreneur dalam konteks halal bihalal yang pastinya sudah menjadi sebuah tradisi yang berlaku di Indonesia dan kalau dilihat secara lebih mendalam, memberikan value kepada setiap entrepreneur kalau mereka mau mengambil pelajaran dan menjalankannya dengan optimal. Ingat, silaturahmi itu menambah rejeki bagi setiap entrepreneur. bagaimana dengan anda? Hmmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: