Assalamualaikum wr. Wb.
Apa kabar Bapak Meriza dan Kang Adam, semoga sehat dan terima kasih atas program Belbiz ini  yang selalu memberikan pengetahuan baru kepada saya. Melalui kesempatan ini, saya mau bertanya, saya menjalankan usaha makanan ringan dengan nama Sigurih. AKan tetapi, ketika saya kepasar tradisional. Saya menemukan produk yang sama dan dengan nama yang sama. Saya jadi ragu untuk meneruskan nama ini. pertanyaan saya, apakah saya harus tetap pakai nama yang sama atau harus ganti nama? Terima kasih atas jawaban yang Bapak berikan.

Wassalam
Yeni suryani.. ciparay



Waalaikumsalam wr. Wb.
Waah.. terima kasih sudah mendengarkan program Belbiz on Radio ini dan semoga bermanfaat karena kami memang berkomitmen untuk terus menjadi media alterhatif pembelajaran bagi para entrepreneur dalam menumbuhkembangkan bisnisnya untuk mencapai tujuan.

Bicara tentang meniru, hal ini adalah sesuatu yang normal dan pasti terjadi di dalam bisnis. setiap produk yang muncul, lalu disukai oleh orang banyak, pasti akan ditiru oleh pelaku usaha lainnya. Jadi, tidak hanya kepada ibu saja, tetapi, banyak pengusaha yang mengalami hal yang sama. Bagi saya, ini perlu disyukuri karena menunjukkan bahwa produk kita disukai oleh orang lain dan juga menjadi kesempatan membrandingkan produk kita kepada pasar. meskipun dengan cara ditiru oleh para pesaing.

Menurut saya, tidak perlu diganti karena itu sudah menjadi produk kita. Cuma, lebih baik sekarang dicari respon pasar terhadap produk tiruan tersebut. Bagaimana tanggapan pasar. kalau kurang, perkuat produk kita dan komunikasikan kepasar tentang kualitas produk yang kita hasilkan. Hal ini penting untuk memperkuat posisi produk kita dipasar. Kalau produk tiruan lebih baik, perkuat juga menjadi lebih baik dan tunjukkan perbedaan produk kita dengan produk tiruan.

Yang tidak kalah penting adalah berusaha untuk berkomunikasi secara intens dengan konsumen untuk mendapatkan masukan-masukan dari mereka tentang produk dan kualitas produk agar bisa membangun inovasi yang terus menerus. Hal ini akan menjadi sumber inspirasi untuk membuat produk yang jauh lebih baik. Inilah yan perlu dilakukan ibu untuk melawan pesaing. 

Tanya Jawab di Program Beliz on Radio K-Lite 107,1 FM bersama STRABIZ Management Bandung pada hari Jumat, 29 Juli 2016. Tanya jawab lainnya dapat dilihat di www.belbizonradio.com dan www.strategidanbisnis.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: