Getting the right team, itulah yang saya dapatkan dari salah satu diskusi dengan para entrepreneur yang sudah sukses dalam bisnis mereka. Sederhana, akan tetapi sangat mendasar bagi setiap entrepreneur dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar dalam waktu yang panjang.

Memang, yang dirasakan adalah ketika suatu perusahaan harus tumbuh dan berkembang dari skala yang dijelaskan di atas, terlihat bahwa keberadaan setiap karyawan dalam perusahaan menjadi kunci keberhasilan entrepreneur itu dalam pencapaian tujuan. Tidak bisa sendiri menjalankan kegiatan usaha, apalagi usaha tersebut semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tuntutan dari stakeholder semakin tinggi dan saat itulah para entrepreneur harus bisa menjalankan manajemen dalam setiap aktivitasnya.


Berbicara tentan tim, adalah bagaimana bekerja dengan orang-orang yang memiliiki kesamaan tujuan yang akan dicapai. Tentu seringkali orang mendengar konsep TEAM yang bisa disampaikan oleh para ahli yaitu together everyone achieve more dan ini memang terjadi dalam konteks bisis para entrepreneur itu sendiri. bagaimana mencapai tujuan bersama dengan lebih baik ketika dilakukan secara bersama-sama.

Oleh karena itu, sudah menjadi tantangan setiap entrepreneur untuk bekerja dengan tim yang tepat, dalam artian the right man on the right place yang benar-benar bagi setiap anggota tim yang bekerja di perusahaan para entrepreneur. ada tim pemasarna, tim keuangan, tim operasi dan juga tim yang bertanggung jawab dengan kondisi sumber daya manusia, baik dari rekrutmen sampai dengan pengembangan sumber daya manusia tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan the right team tersebut. pertama adalah menetapkan tujuan dari setiap tim yang ada. Tujuan tersebut akan menjadi acuan dalam menjalankan aktivitas seluruh tim. Tujuan yang jelas, terukur, realistis dan dapat dicapai serta memiliki time frame yang jelas, akan memungkinkan setiap anggotanya untuk bekerja mencapainya dengan bai, serta efisien.

Kemudian, menentukan desain atau struktur yang ada dalam tim tersebut. desain ini akan berhubungan dengan rantai komando yang ada, job description yang berisikan tugas-tugas yangharus dikerjakan serta job specification atau syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika seseorang akan menjalankan tugas mereka.

Persyaratan ini relevan dengan knowledge, skill dan attitude atau KSA dari setiap orang untuk menjalankannya. Selain itu, berhubungan juga dengan bakat atau talent mereka masing-masing serta morale yang ada ketika menjalankan tugas dalam tim tersebut. Penting untuk para entrepreneur memahami hal ini.

Bakat dari setiap anggota tim harus memiliki keselarasan dengan tugas mereka. Bakat inilah yang menjadi dasar ketika melakukan aktivitas yang pasti akan relevan dengan bisnis para entrepreneur. Untuk mengetahui bakat ini, dapat dilihat dari aspek potensi diri yang dimiliki setiap anggota tim dan juga dari passion yang mereka miliki sehingga terlihat bagaimana setiap entrepreneur dapat memilih orang yang tepat bagi anggota tim itu sendiri.

Knowledge tentang pekerjaan dan tugas yang diberikan kepada anggota tim sehingga dapat meningkatkan keterampilan atau skill mereka dalam beraktivitas. Knowledge inidapat diberikan melalui pelatihan dan pendidikan bagi anggota tim. Selain itu, mereka juga bisa diberikan coaching dalam bisnis tersebut.

Yang selanjutnya adalah meningkatkan attitude atau sikap mereka dalam beraktivitas yaitu bagaimana mereka memberikan respon terhadap setiap apa yang datang kepada mereka. Respon positif terhadap apa yang datang kepada mereka menjadi sangat penting agar bisa memberikan feedback yang positif juga.

Yang terakhir adalah berhubungan dengan morale yang terdiri dari keyakinan setiap orang dalam menjalankan aktivitas dalam tim serta disiplin dan juga antusiasme mereka untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. So, marilah berfikir dan bertindak untuk mendapatkan tim yang tepat untuk menjadi bagian dari perusahaan sehingga bisa mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang. Salam juara.....








Share To:

meriza hendri

Post A Comment: