Selamat pagi Pak Meriza, 
Perkenankan terlebih dahulu, nama saya adalah Dian dan saya sudah menjalankan bisnis fashion berupa jilbab. Sembari berbisnis, saya masih berstatus sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Sembari kuliah, saya terus mengembangkan bisnis yang sudah saya jalankan selama lebih dari satu tahun.

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk bertanya kepada Bapak sehubungan dengan bisnis yang saya jalankan. Permasalahan yang saya hadapi adalah berhubungan dengan manajemen perusahaan saya itu sendiri.
Saya merasakan bahwa bisnis yang saya jalankan saat ini mengalami kendala dalam hal aktivitas rutin sehari-hari karena kok semakin berat ya. Waktu konsumen saya masih sedikit, tidak banyak masalah yang terjadi dan bahkan bisa dikelola sendiri. kepuasan pelanggan bisa dicapai yang dapat dilihat dari bagaimana mereka menyatakan rasa puas dan membeli ulang produk tersebut,


Akan tetapi, saat ini, saya menghadapi kendala seringkali pekerjaan dalam melayani konsumen menghadapi masalah. Permasalahan sehubungan dengan pelayanan konsumen menjadi salah satu yang paling penting. Komplain dari para konsumen juga sering saya terima.

Hal ini berdampak kepada penjualan produk juga tentunya. Dampak dari kondisi ini bersifat sistemik yang berpengaruh terhadap bisnis secara keseluruhan. Mohon saran Bapak untuk saya agar bisa menyelesaikan masalah ini.

Hormat saya
Dian
Bandung

Selamat pagi
Selamat pagi juga Mba Dian, semoga bisnisnya semakin terus tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Karena, bisnis tersebut memang diarahkan untuk terus tumbuh dan berkembang mencapai tujuannya yaitu profit, people dan planet serta sustainability.

Berbisnis fashion adalah bisnis yang sudah menarik banyak entrepreneur untuk masuk kedalamnya. Bisnis ini seakan-akan mampu membuat banyak orang terjun untuk mendapatkan value. Itulah kenyataanya. Hal ini memberikan valua yang sangat penting bagi para koknsumen. Pilihan yang begitu banyak, mampau membuat konsumen melakukan perbandingan antara perusahaan satu dengan yang lainnya.

Akan tetapi, bagi para entrepreneur itu sendiri, hal ini menyebabkan tingkat persaingan yang tinggi dalam bisnis fashion tersebut. persaingan antara pengusaha fashion dan tentu akan menjadi peluang dan ancaman tersendiri dalam menjalankannya.

Apa yang dihadapi oleh Mba Dian adalah dampak dari kondisi diatas. Dan rasanya, berdasarkan pengamatan saya, hal ini tidak hanya dihadapi oleh mba Dian saja. Permasalahan ini juga dihadapi oleh para entrepreneur lainnya yang berbisnis sama dengan mbak.

Menghadapi hal ini, perlu dipahami bahwa bisnis itu sangat relevan dengan manajemen. Bisnis pada dasarnya adalah serangkaian aktivitas yang terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia dalam mengelola sumber daya untuk menghasilkan produk dan mencapai tujuan.   

Aktivitas ini tidak bisa dijalankan secara sendiri oleh para entrepreneur saat ini. Sehubungan dengan perubahan lingkungan bisnisyang begitu cepat dan tidak terduga dan bahkan bersifat turbulensi, bisnis harus dijalankan tidak hanya sendiri. akan tetapi melalui orang lain. Tidak mungkin bekerja sendiri lagi.

Hal ini relevan dengan manajemen. Pada dasarnya, manajemen adalah bekerja dengan dan melalu orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam konteks ini, jelas sekali bagaimana seorang entrepreneur dapat bekerja dengan orang lain, bisa jadi karyawan, ataupun orang lain yang berhubungan dengan mereka.

Manajemen tersebut bertujuan untuk dapat mencapai tujuan dari setiap aktivitas dan dalam konteks bisnis, tujuannya adalah mencapai profit, people dan planet serta keberlanjutan dari bisnis itu sendiri atau sustainability.

Manajemen terdiri dari beberapa aktivitas yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Hal ini tentu dalam konteks manajemen, sering disebut dengan POAC atau planning, organizing, actuating dan controlling. Setiap aktivitas saling berhubungan.

Dalam konteks bisnis mba Dian, hal ini perlu dipahami bahwa untuk berhasil dalam bisnis fashion, harus mulai memanfaatkan manajemen dalam menjalankan agar bisnis fashion nya dapat mencapai apa yang diharapkan. Manajemen ini harus diterapkan pada fungsi-fungsi manajemen dalam aktivitas bisnis itu sendiri.

Tentu manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia adalah empat fungsi seiring dengan kegiatan dalam bisnis tersebut.


Demikian beberapa point utama untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh Mba Dian dalam bisnis. Semoga bermanfaat dan dapat berkontribusi dalam pengembangan bisnis fashionnya. Sukses selalu buat Mba ya...... 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: