BUSINESS TODAY
Di berbagai media saat ini, sudah dipromosikan kegiatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Jawa Barat. PRomosi tentang kegiatan ini agar banyak di kunjungi oleh masyarakat dan bahkan memeriahkan kegiatan PON. Semuanya memang berharap PON menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi olah raga, mencari bibit olahragawan sampai dengan bisnis yang tentunya bisa dinikmati oleh masyarakat, khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.


Pertanyaannya adalah sejauh mana wirausaha khususnya yang ada di Jawa Barat sudah mempersiapkan diri untuk menyamput perhelatan PON ini agar bisa memberikan kontribusi dan benefit bagi bisnisnya. Kalau telat, jelas tidak akan mendapatkan dampak karena berhubungan dengan kecepatan setiap wirausaha memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Hal mendasar yang perlu dicermati adalah persiapan setiap wirausaha untuk membuat produk yang relevan dengan need, want dan demand setiap olahragawan, official sampai dengan pendukung masing-masing daerah. Ini tidak dapat dipungkiri bahwa puluhan ribu akan berkumpul di Jawa Barat dan tersebar di berbagai Kota/Kabupaten dimana venue atau tempat pertandingan sudah dipersiapkan oleh panitia PON yang akan melayani setiap orang yang datang.

Tentu ini menjadi potensi yang luar biasa dan dengan bekal produk yang berkualitas, tentu akan menjadi keunggulan setiap wirausaha dalam menghadapi PON ini. yang tidak kalah penting adalah bagaimana hubungan baik antara wirausaha dengan pemerintah Jawa Barat serta panitia PON karena merekalah yang memiliki informasi tentang peluang yang dapat dimanfaatkan oleh wirausahan. Bahkan yang seringkali terjadi adalah panitia PON kekurangan data tentang wirausaha yang dapat berkolaborasi dengan wirausaha. Oleh karena itu, sudah waktunya wirausaha Jawa Barat untuk proaktif untuk mendapatkan informasi tentang PON dan peluang mereka untuk memasarkan produk.

Bahkan sejatinya bagi wirausaha harus menjadi momentum untuk kebangkitan wirausaha Jawa Barat yang selama ini sudah menjadi salah satu program strategis Bapak Gubernur untuk meningkatkan daya saing wirausaha.

Sebaliknya, pemerintah dan paniti PON juga perlu jemput bola dengan terus mensosialisasikan peluang dan kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh wirausaha untuk berpromosi serta memasarkan produk. Bahkan lebih dari itu, berbagai merchandise keperluan PON diharapkan bisa disupplai oleh wirausaha. Dari sini, terlihat bagaimana kemanfaatan PON terhadap wirausaha dan pastinya berkontribusi positif terhadap Program Pencetakan seratus Ribu Wirausaha Baru Jawa Barat yang dicanangkan oleh Gubernur. Bagaimana dengan anda? Hmmm…


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: