BUSINESS TODAY
Dalam kata sambutan Presiden Jokowi menyampaikan kontribusi yang luar biasa di para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah di Indonesia. Pernyataan beliau yaitu 99% dari bisnis di Indonesia adalah UKM dengan lebih dari 98% didominasi perusahaan Mikro. Selain itu, UMKM memperkerjakan lebih dari 107,6 juta penduduk Indonesia dan berkontribusi 60,60% terhadap PDB Indonesia. Angka ini terus meningkat sejalan dengan perkembangan industri kreatif di seluruh Indonesia. Demikianlah bentuk kontribusi UMKM bagi negara dan terlihat bagaimana strategisnya UMKM bagi negara ini.


Bagi para entrepreneur, tentu data tersebut bukanlah sesuatu yang tidak bermakna. Sejatinya, pengakuan pemerintah atas kontribusi UMKM jelas menjadikan sebuah posisi yang sangat jelas bahwa pelaku UMKM itu merupakan pejuang negara ini dan pastinya sangat diharapkan mampu memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa saat ini dan yang akan datang. Konsep pengusaha adalah pejuang negara memang menjadi sebuah hal yang harus dijalankan oleh para entrepreneur.

Ada tantangan yang harus dihadapi oleh para entrepreneur yaitu bagaimana meningkatkan mindset bahwa mereka itu adalah sebagai seorang entrepreneur dan juga pejuang bangsa. Hal ini akan melekat menjadi sikap mental yang akan membantu setiap entrepreneur menjalankan bisnis dan bahkan menumbuhkembangkan bisnis saat ini dan yang akan datang. Apapun yang mereka hadapi, akan diselesaikan dengan baik dengan konsep mindset tadi.

Selanjutnya adalah bagaimana entrepreneur fokus dalam meningkatkan kapabilitas atau kemampuan mereka dalam mengelola sumber daya yang ada yaitu kapabilitas dalam keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta teknologi informasi yang sudah menjadi sumber keunggulan bersaing bagi para entrepreneur. bahkan sejatinya seorang entrepreneur harus bisa naik kelas menjadi kompetensi dan bahkan core competency dalam menjalankan bisnis.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana entrepreneur bisa menganalisis setiap perubahan lingkungan eksternal baik makro maupun mikro serta global. Dalam hal ini, meminimalisir setiap ancaman serta mengoptimasi setiap peluang, khussunya yang berasal dari akademisi, pengusaha, komunitas, pemerintah serta media yang saat ini sangat concern untuk pengembangan UMKM.


Oleh karena itu, sudah waktunya entrepreneur untuk kembali kepada kesadaran bahwa posisi mereka itu sangat strategis untuk negara karena mereka adalah tulang punggung seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Artinya, tetaplah menjadi seorang pejuang bagi bangsa ini. Bagaimana dengan anda? Hmmm…
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: