Selama malam, pa kabar Bapak-Bapak sekalian. Mohon share tentang definisi harga yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur karena ini menjadi awal untuk pemahaman tentang penetapan harga. Atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih.

Gugun
Bandung

Selamat Bapak Gugun
Terima kasih atas pertanyaan  yang disampaikan dan juga perhatian yang diberikan dalam program Belbiz On Radio yang tayang setiap Jumat malam.


Bicara tentang harga, memang seharusnya setiap entrepreneur harus memahami dengan baik karena ini adalah awal untuk mendesain dan membuat keputusan harga yang sejatinya ini adalah keputusan yang bersifat strategik dalam bisnis.
Harga saat ini didefinisikan sebagai sebuah cost yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk. Hal ini menggambarkan bagaimana harga tersebut dari kacamata konsumen. jelas perspektif yang digunakan oleh setiap entrepreneur adalah konsumen. adapun dari konsumen, cost tersebut terdiri dari empat yaitu monetary cost, time cost, energy cost dan psychological cost yang harus disatukan .

Monetary cost adalah pengorbanan yang dikeluarkan oleh setiap konsumen berupa jumlah uang yang mereka bayarkan. Disinilah entrepreneur harus berhitung harga pokok penjualan dan biaya variabel dan semi variabel serta biaya tetap dari setiap produk. Setelah itu, memperhitungkan laba yang diharapkan dari setiap produk yang dijual kepada konsumen.

Time cost merupakan pengorbanan berupa waktu yang harus dikeluarkan oleh setiap konsumen untuk mendapatkan produk. Seringkali produk yang disampaikan kepada konsumen harus melewati masa indend atau menunggu dan tentunya harus menjadi perhatian setiap entrepreneur karena konsumen maunya mendapatkan produk secara langsung.

Energy cost adalah pengorbanan berupa sejumlah energy yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan harga seperti mereka harus keluar rumah sampai lokasi penjualan produk. Itulah kenapa konsumen dimanjakan dengan sistem delivery order yang diberikan oleh para perusahaan yang berharap konsumen dapat dimanjakan. Bentuk lainnya adalah online marketing yang membuat setiap konsumen tinggal pesan lewat online dan kemudian menerima barang di rumah.


Psychological cost adalah pengorbanan berupa emosi dari setiap konsumen. hal ini menggambarkan bagaimana rasa yang dimiliki oleh setiap konsumen bisa rasa senang, puas, tertekan. Rasa ini menjadi penting saat ini bagi setiap konsumen di tengah persaingan. Setiap produsen berupaya untuk membuat konsumen puas dan nyaman dengan produk yang ditawarkan kepada mereka. Inilah konsep harga yang harus dipahami oleh setiap konsumen. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: