Tadi pagi, saya melihat status seorang teman di fb yang bagi saya, sangat mengagetkan. Kalimatnya sangat sederhana, sia-sia memiliki pengetahuan apabila tidak digunakan dalam kehidupan, apalagi dalam kehidupan bisnis. Ha?

Langsung saya teringat dengan knowledge management atau yang sering dikenal dengan KM. Konsep ini melekat dibenak saya karena berhubungan dengan bagaimana setiap orang harus mengelola pengetahuan yang didapat dari konsep create, structure, share dan apply.


Tulisan teman saya tadi itu relevan dengan yang disebut dengan apply atau bagaimana setiap orang yang mengguanak knowledge management untuk memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan ini, bagi orang-orang yang sadar dan paham bahwa dalam kehidupan ini penuh dengan masalah.

Salah satu masalahnya adalah tentang masalah dalam bisnis. Selalu saya bilang bahwa binis tersebut mengandung masalah karena berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah. Pertanyaan sekarang adalah bagaimana masalah tersebut harus diselesaikan sehingga tetap bisa memberikan value pada pencapaian tujuan bisnis itu sendiri. itu yang paling penting.

Ada satu pendekatan yang selama ini kurang optimal bagi kita dalam mendapatkan dan memanfaatkan ilmu. Konsep kita adalah belajar dulu, dengan menghafal, kemudian menjalankan. Hal ini kurang tepat sehingga ilmu pengetahuan kita dallam bisnis tidak berkembang.

Sebaiknya, dengan pelajaran dasar dengan mengetahui, kemudian langsung terjun dalam bisnis. Setiap masalah yang ditemui, jangan diputuskan hanya dengan intuisi, tetapi, mulailah mendalami masalah itu dulu, lalu lihat pengetahuan yang ada dibuku, atau artikel dan lain-lain. Kemudian, manfaatkan pengetahuan tersebut untuk bisnis. Inilah yang saya dapatkan tadi pagi.

Disinilah seorang bawahan dalam menjalankan tugas, pasti mendapatkan pelatihan, pembinaan, coacing dan mentoring dari atasan. Ketika memecahkan setiap permasalahan dalam pekerjaan, sejatinya itu semua dimanfaatkan sehingga didapatkan keputusan yang efektif dan efisien serta memberikan dampak positif bagi perusahaan. seringkali ditemui karyawan yang tidak memanfaatkan pengetahuan mereka untuk bekerja sehingga sangat disayangkan biaya pelatihan yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan.



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: