Assalamualaikum wr.  Wb.
Perkenalkan nama saya, Wiwin winarti dan mohon penjelasan dari Bapak-Bapak di Program Belbiz ini tentang penetapan harga. Dalam bisnis, ada kalanya usaha sedang ramai, tentu seorang entrepreneur berharap ada kenaikan pendapatan atau omzet dan juga profit. Apakah pada waktu ini tepat untuk menaikkan harga karena permintaan memang sedang naik? Terima kasih atas jawaban yang Bapak berikan dan sukses terus Belbiz On Radio ya….
Wassalamualaikum wr. wb
Wiwin winarti
Bandung



Waalaikum salam Bu Wiwin,
Terima kasih sudah selalu mengikuti program Belbiz on Radio dan semoga sukses terus ya bisnisnya ditengah tingginya tingkat kompetisi bisnis saat ini.

Bicara tentang penetapan harga, selalu saya tekankan bagaimana keputusan harga itu adalah keputusan yang bersifat strategis dan jangan karena melihat permintaan naik, maka harga juga naik. Kalau dulu, mungkin ini bisa berlaku karena tingkat persaingan bisnis yang masih rendah dimana pemain bisnis untuk produk yang sama belum terlalu banyak. Kalau boleh dibilang, masih sangat sedikit sehingga para produsen boleh menetapkan harga seenak nya saja. Kalau permintaan banyak, maka mereka akan menaikkan harga kepada konsumen.

Saat ini, hukum tersebut tidak berlaku lagi karena persaingan sudah sangat tinggi dan jelas tidak hanya permintaan saja  yang menjadi perhatian setiap entrepreneur karena berhubungan dengan perilaku konsumen dan juga persaingan dimana pesaing pasti akan berupaya mengalahkan entrepreneur dengan menawarkan produk yang relative lebih baik dan harga yang pastinya diharapkan dapat lebih rendah dibanding pesaing. Intinya, pesaing akan berupaya untuk merebut konsumen dari para setiap entrepreneur yang gagal menetapkan harga dengan baik.

Berdasarkan hal ini, jelas tidak bisa menaikkan harga kalau permintaan sedang tinggi. Oleh karena itu, perlu yang menjadi perhatian adalah lihat biaya produksi, naik atau tidak. Kalau pun naik, jangan langsung naikkan harga karena harus lihat pesaing. Bagaimana strategi pesaing karena ini menjadi salah satu pertimbangan kunci dalam menetapkan harga. Yang tidak kalah penting adalah siapa target pasar setiap entrepreneur sehingga kalaupun terjadi kenaikan harga, mereka akan sensitive tidak dengan perubahan harga tersebut.

Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam menetapkan harga karena ketika ini berhasil, maka setiap orang yang ramai membeli produk tersebut akan cenderung puas dan menjadi konsumen yang loyal bagi setiap entrepreneur. sukses terus ya Bu Wiwin.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: