Seorang leader adalah seseorang yang memiliki keunggulan dan kelebihan dalam bidang yang mereka pimpin. Hal ini berhubungan dengan konteks yang mereka pimpin tersebut membutuhkan seseorang yang tidak biasa sehingga jelas, apa yang mereka butuhkan tidak hanya sesuatu yang bersifat teknis saja, akan tetapi, banyak yang bersifat non teknis dan intangible.

Kesalahan seorang leader dalam memenuhi ekspektasi dari orang-orang yang mereka pimpin atau follower akan berdampak kepada kualitas kepemipinan yang ditunjukkan atau diperlihatkan oleh setiap pemimpin. Akan banyak masalah yang timbul ketika seseorang gagal dalam memimpin kelompok mereka.


Oleh karena tingginya ekspektasi dari follower tersebut, sudah seharusnyalah seorang leader untuk fokus kepada kepemimpinan mereka dalam suatu organisasi atau perusahaan. jelas, tidak bisa seorang leader memiliki cabang dalam berfikir, apalagi bercabang dalam tindakan dan juga waktu yang seharusnya diberikan 100 persen terhadap apa yang mereka pimpin.

fokus seorang leader ini dapat dimulai dari bagaimana setiap leader memperhatikan visi dan misi yang harus dicapai dalam organisasi mereka. inilah awal yang harus dipahami oleh para entrepeneur dalam memimpin perusahaan. visi itu menjadi guidance atau panduan bagi setiap entrepeneuer dalam mencapai tujuan. Visi adalah mimpi setiap entrepeneur terhadap bisnis yang mereka jalankan dimasa datang.

adapun misi menunjukkan alasan organsasi mereka dijalankan dan penting untuk dipahami bahwa alasan tersebut berhubungan dengan kepuasan konsumen, nilai bagi pemegang saham, kesejahteraan karyawan, kesejahteraan masyarakat dan juga menjaga lingkungan alam. Inilah yang menjadi penting bagi setiap leader untuk diperhatikan.

Fokus pada visi dan misi menjadi point utama agar bisa membuat kelompok fokus ditengah perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat, tidak bisa dikendalikan, tidak terkontrol dan juga mengalami turbulensi. Tidak ada pengecualian akan hal ini.

fokus juga diberikan untuk pengembangan sumber daya yang  ada dalam perusahaan dan relevan dengan hal ini, khususnya adalah sumber daya manusia yang telrlibat dalam perusahaan atau organisasi yang dipimpin oleh entrepeneur. pengembangan sumber daya manusia berupa peningkatan knowledge, skill dan attitude (KSA) dari setiap anggota organisasi adalah tugas yang tidak gampang bagi para entrepeneur.

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi setiap entrepeneur untuk fokus sebagai seorang leader bagi usaha atau bisnis yang mereka jalankan untuk bisa mencapai apa yang sudah ditetapkan. Konsep inti yang ada dalam leadership yaitu kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain menjadi kunci keberhasilan mereka dalam konteks leadership yang dimiliki para entrepeneur.



Share To:

meriza hendri

Post A Comment: