Menteri keuangan yang fokus untuk mengembangkan UMKM sejalan dengan Kementrian KUMKM, Gubernur Jabar dengan Program Pencetakan seratus ribu wirausaha serta walikota Bandung yang juga mengembangkan entrepreneurship dengan basis industri kreatif.

BUSINESS TODAY
Dalam beberapa hari ini, terlihat bagaimana tingginya kepentingan pemerintah terhadap program pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah. Lihat saja, mulai dari Presiden Jokowi, Kementrian Keuangan, Kementrian KUMKM sampai dengan gubernur dan Walikota/Bupati mencanangkan program pengembangan entrepreneurship yang relevan dengan UMKM. Pernyataan Presiden yang menyebutkan bagaimana UMKM menjadi tulang punggung ekonomi negara, Menteri keuangan yang fokus untuk mengembangkan UMKM sejalan dengan Kementrian KUMKM, Gubernur Jabar dengan Program Pencetakan seratus ribu wirausaha serta walikota Bandung yang juga mengembangkan entrepreneurship dengan basis industri kreatif.


Dari konsep ini, jelas para entrepreneur harus benar-benar mengambil pelajaran yang dapat memberikan peluang kepada setiap entrepreneur. Pelajaran yang berasal dari lingkungan bisnis yaitu peluang dari peraturan dan program yang ada di pemerintah untuk pengembangan entrepreneurship. Disinilah konsep bagaimana menjadi seorang ahli strategi bisnis dan manajemen dalam mencapai sustainable competitive advantage agar tujuan bisnis tercapai yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Menjadi ahli strategi bisnis dan manajemen benar-benar menuntut entrepreneur untuk bisa memahami seluruh peraturan dan program yang dibuat oleh pemerintah yang relevan dengan pengembangan entrepreneurship. Setiap entrepreneur itu harus mencari tahu tentang peraturan pemerintah dan juga program pemerintah saat ini dan yang akan datang karena pemerintah itu memiliki program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Kalau dalam bahasa strategic management, pemerintah itu juga memberikan social capital atau modal sosial untuk membangun bisnis ditengah keterbatasan sumber daya yang mereka miliki untuk menjalankan bisnis. Dengan pemerintah inilah, banyak modal sosial bisa dimanfaatkan mulai dari keuangan, pemasaran, pengetahuan tentang proses bisnis, fasilitas produksi sampai dengan informasi dan pasar yang pastinya dibagikan oleh pemerintah.

Disinilah pentingnya entrepreneur harus benar-benar bisa mensinkronkan antara program pemerintah dan kebjiakan pemerintah yang relevan dengan bisnis dan pengembangan diri para entrepreneur. kemudian, dijalankan untuk setiap aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia serta teknnologi informasi yang dapat membantu para entrepreneur memiliki daya saing. Ingat, pemerintah memiliki banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi seluruh sumber daya di perusahaan.

Pada akhirnya, disilah setiap entrepreneur dituntut untuk mencari tahu, memahami dan mengoptimasi setiap peraturan, kebijakan serta program pemerintah untuk kepentingan bisnisnya. Bagaimana dengan anda? Hmmm..

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: